Thursday, August 2, 2018

Perintah berbuat baik kepada orang tua

Pembelajaran I
Berbakti kepada Orang Tua

A. Ayat-Ayat tentang Perilaku Berbakti kepada Orang Tua

Birrul walidain artinya berbakti kepada orang tua.
Dalam Al-Qur'an surah yang menjelaskan tentang berbakti kepada orang tua di antaranya:

1. QS. Surah Al-Isra: 23-24.

QS. Al-Isra dalam Al-Qur'an merupakan surah yang menempati urutan ke 17 dari 114 surat dalam Al-Qur'an.
Terdiri atas 111 ayat, tergolong surah makkiyah.
Nama lain dari Surah Al-Isra adalah Bani Israil.

Bismillahirrahmanirrahim



Artinya:
23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.
24. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".


2. QS. Luqman: 14-15.



QS. Luqman dalam Al-Qur'an merupakan surah yang menempati urutan ke-31, terdiri atas 34 ayat. tergolong surah makkiyah.

Dinamakan Surah Luqman karena di dalamnya menceritakan cara dan nasihat Luqman untuk anaknya, salah satunya adalah mendidik untuk berbakti kepada kedua orang tua.



Bismillahirrahmanirrahim


Artinya:
14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun[1180]. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
15. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

3. Arti kosakata

Arti
Kata
Arti
Kata
Rendahkanlah
اخْفِضْ
Telah meneapkan/memerintahkan
قَضَى
Kecil
صَغِيْرًا
Kalian menyembah
تَعْبُدُوْآ
Mengandung
حَمَلَ
Kedua orang tua
الْوَالِدَيْنِ
Bersyukurlah
اشْكُرْ
Baik
اِحْسَانًا
Tempat kembali
الْمَصِيْرُ
Sampai
يَبْلُغَنَّ
Ikutilah
اتَّبِعْ
(Kamu) mengatakan
تَقُلْ
Jalan
سَبِيْلَ
(Kamu) membentak
تَنْهَرْ
Kami kabarkan kepada kalian
أُنَبِّئُكُمْ
Perkataan
قَوْلاً


4. Hukum Bacaaan

Cara Membaca
Alasan
Hukum Bacaan
Kalimat
No
Samar, dengung
Fathatain-Kaf
Ikhfa hakiki
قَوْلاً كَرِيْمًا
١
Jelas
Nun -hamzah
Izhar
مَنْ اَنَابَ
٢
Samar
Fathatain -dal
Ikhfa hakiki
عِنْدَكَ
٣
Tanwin diganti fathah 2 harakat.
Fathatain-alif (waqaf)
Mad iwadh
اِحْسَانًا
٤
Panjang, 2/4/6
Mad asli huruf nun mati (waqaf)
Mad aridh lissukun
تَعْمَلُوْنَ
٥
Ba memantul
Ba mati di tengah kata
Qalqalah shughra
يَبْلُغَنَّ
٦
Dengung
Kasrah tanwin –huruf wawu
Idhgham bigunnah
اُفٍّ وَّلاَ
٧
Samar dengung
Mim-ba’
Ikhfa syafawi
فَأُنَبِئُكُمْ بِمَا
٨
Dengung
Mim-mim
Idgham mimi
فَأُنَبِئُكُمْ مَرْجِعُكُمْ
٩
Samar
Nun-ta’
Ikhfa
كُنْتُمْ
١۰

5. Isi kandungan ayat

H.R. Ibnu Majah dari Jabir bin Abdillah; seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah "wahai Rasulullah aku mempunyai harta kekayaan dan anak. sementara ayahku ingin menguasai harta milikku dalam pembelanjaan. apakah itu dibenarkan? maka jawab Rasulullah "dirimu dan harta kekayaanmu milik orang tuamu".
Tafsir kata [Qadha]
Menurut ulama tafsir:
Ibnu 'Abbas, Al-Hasan, Al-Qurthubi, dan Al-Syaukani, mereka menafsikan kata [Qadha] Memerintahkan,mengharuskan, dan mewajibkan.
Perintah pada ayat 23 dan 24 tersebut yaitu:
a. Mengesakan Allah (tidak melakukan syirik)
b. Berbuat baik kepada orang tua
c. Berkata lemah lembut (tidak berkata kasar)
Tafsir kata [uffin]
Menurut Abu Hayyan al-Andalusi
Kata [al-uff] merupakan isim fi'il bermakna saya bosan, saya jemu. tidak jauh beda,
Menurut Al-Zuhaili kata tersebut menunjukkan keengganan dan keberatannya terhadap orang tua.
d. Berperilaku sopan, santun dan kasih sayang
e. Mendoakan kepada keduanya, masih hidup maupun sudah meninggal.

Pada Surah Luqman ayat 15 peringtah taat kepada orang tua hanya dalam kebaikan bukan dalam maksiat kepada Allah SWT.

B. Berikut hak orang tua terhadap anak dan kewajiban anak terhadapa orang tua:

Hak orang tua masih hidup terhadap anak:
1. mendapat kasih sayang
2. perhatian
3. pelayanan lemah lembut
Kewajiban anak:
Memuliakan, merendahkan suara, dan menaati perintah orang tua, memerhatikan, melayani dengan lembut dan kasih sayang.

Hak orang tua sudah meninggal:
1. mendapatkan hadiah pahala ibadah
2. doa
3. amal jariyah
Kewajiban anak:
Membayar hutang, melaksanakan wasiat, meluruskan harta warisan, mendoakan, menghadiahi pahala ibadah, bersilaturahmi.

Hak orang tua yang berbeda agama:
1. mendapatkan penghormatan
2. ta'at dan patuh anaknya selama tidak dalam maksiat
Kewajiban anak:
Menghormati, menyayangi, taat perintah orang tua sepanjang tidak bertentangan dengan aqidah dan syari'at Islam.

C. Muhasabah (Renungan)

Mari kita renungkan bersama caerita Kan'an anaknya Nabi Nuh dan cerita Malin Kundang.

Pejamkan  mata kita bayangkan orang tua kita !



D. Glosarium

Kafir: orang yang tidak percaya kepada Allah SWT
Musyrik: orang yang menyekutukan Allah SWT
Riddah: perbuatan yang menyebabkan pelakunya keluar dari Islam.

145 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Yang saya rasakan adalah menyentuh hati karena membayangkan bagaimana rasa kasih sayang orang tua , dan betapa sedihnya jika orang tua kita telah tiada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya rasakan adalah menyentuh hati karena membayangkan bagaimana rasa kasih sayang orang tua , dan betapa sedihnya jika orang tua kita telah tiada

      Vania zalianty

      Delete
  3. @Muhammad syauqi

    Mengajarkan kita betapa berjasanya sosok seorang ibu ,jangan pangulir disuruh kuitan sanak lah:v

    ReplyDelete
  4. @Adinda Ayu Puspita Ramadhani

    Yang saya rasakan setelah mendengar lagu tadi adalah saya merasa sedih. Karena saya membayangkan orang tua saya berjuang ketika saya masih kecil.

    ReplyDelete
  5. Saya teringat orang tua saya yg telah mengajar saya hingga seperti sekarang

    ReplyDelete
  6. Hadir @alifian
    Sedih dan ingin menjadi aana yang berbakti kepada orang tua

    ReplyDelete
  7. Lagu tadi mengingatkan alm. Kakek saya @dinal

    ReplyDelete
  8. Seorang ibu sangat berjasa bagi anaknya
    Jadi jangan membuat ibu marah @farhat

    ReplyDelete
  9. Lagu tadi mengingatkan alm. Kakek saya @dinal

    ReplyDelete
  10. Teringat orangtua dan menjadi ingin semakin berbakti kpd keduanya

    ReplyDelete
  11. Hadir @Muzaki
    Sedih , Ingin lebih baik dan lebih berbakti kepada orang tua

    ReplyDelete
  12. setelah membaca blog ini saya menjadi terharu teringat betapa berjasa kedua orang tua saya yang membanting tulang demi pendidikan, teria kasih ayah bunda dan juga terimakasih bapak hafiz #Prastioluckypamungkas

    ReplyDelete
  13. Setelah mendengar lagu tadi saya jadi teringat dengan orangtua saya yang jauh di Balangan sana, membayangkan bagaimana kerja keras ayah dan ibu saya untuk pendidikan saya

    ReplyDelete
  14. @MUHAMMAD ABDUL GAIS

    Cerita di atas mengajarkan saya agar lebih berbakti lagi kepada orang tua,jadi amun di padahi kuitan measi-asi, tempulu kuitan masih hidup

    ReplyDelete
  15. @Rahman Qolbi
    Lagu tadi membuat saya teringat orang tua saya

    ReplyDelete
  16. @Yoga
    Setelah mempelajari bakti orang tua, saya menjadi semakin taat kepada orang tua. Saya sadar, betapa pentingnya peran orang tua terhadap saya

    ReplyDelete
  17. @syafa
    Saya merasa terharu dan sedih karena saya teringat orang tua saya dan teringat atas kesalahan" yang telah saya perbuat dan saya ingin lebih menghormati dan berbakti kepada orang tua saya selagi masih di berikan kesempatan oleh allah swt

    ReplyDelete
  18. Setelah Belajar ini saya merasakan ada rasa penyesalan yg mendalam di dalam diri saya ....karena saya merasa menjadi anak yg paling Durhaka....banyak kata kata yg sangat buruk yg saya ucapkan yg didengar Maupun tidak @nadya

    ReplyDelete
  19. @figa aghani rosyid
    Saya merasa terhibur Dan bahagia...

    ReplyDelete
  20. Setelah saya mendengar kan video ini dan mempeljari tema 1 , saya sekarang sadar begitu sangat berharganya mereka ( orang tua )bagi hidup saya . Maka dari itu saya berusaha menjadi anak yang berbakti kepada mereka ( orang tua).

    ReplyDelete
  21. @zubair adham
    Saya merasa sedih dan terharu

    ReplyDelete
  22. @hafiz, setelah mempelajari tema 1 betapa aku menyadari begitu berharga mereka di dunia ini.. Ya Allah ampuni mereka smg selalu dalam rahmatmu..

    ReplyDelete
  23. @Khusnul Fitriani
    Saya merasa sedih dan terharu

    ReplyDelete
  24. Saya merasa ingin bertemu orangtua saya secepatnya @Viatun

    ReplyDelete
  25. @Ainul Khopijah
    Setelah saya mendengar kan video ini dan mempeljari tema 1 , saya sekarang sadar begitu sangat berharganya mereka ( orang tua )bagi hidup saya . Maka dari itu saya berusaha menjadi anak yang berbakti kepada mereka ( orang tua).

    ReplyDelete
  26. @Bagas Ariestiansyah
    Setelah saya mendengar lagu tadi , saya merasa sedih, dan teringat atas kesalahan yang telah saya perbuat kepada kedua orang tua saya.

    ReplyDelete
  27. @amelia saya merasa terharu dan mengingat semua perjuangan orang tua saya untuk saya

    ReplyDelete
  28. @muammarthoriqabdallah setelah saya mendengar lagu tadi, saya teringat jasa ibu saya yang telah merawat saya sejak kecil.

    ReplyDelete
  29. Saya merasakan sedih, lagu itu mengingatkanku dengan orang tua saya, saya akan selalu mendoakan ayah saya, saya akan selalu menghormati dan menaati orang tua saya. Orang tua saya adalah satu2 nya people di dunia ini yang sangat sayang sama saya, saya akan membanggakan mereka, saya akan selalu berubah menjadi yang lebih baik agar mereka bangga punya anak seperti saya... Miss you Baba :( @ranyafauzibawazir

    ReplyDelete
  30. @selviaa
    saya merasa sangat sedih sekali dengan pembelajaran kali ini karna membuat saya mengingat betapa banyak pengorbanan yg diberikan orang tua kepada saya, yg tidak akan bisa terbalaskan dengan apapun. dan dengan ini saya akan lebih berbakti dan menghormati serta taat kepada orang tua

    ReplyDelete
  31. Saya merasa terharu :'v @tarisha

    ReplyDelete
  32. @Rian Habibie

    Setelah membaca blog tersebut saya teringat orang tua yang susah payah bekerja untuk anaknya

    ReplyDelete
  33. @@nikenayuningtyas
    Setelah saya mempelajari tema satu saya
    sekarang mengerti bahwa pentingnya berbakti kepada orang tua dan pentingnya peran orang tua di hidup kita,setelah mendengar lagu itu juga saya juga teringat kepada orang tua saya yang mendidik dan menjaga saya dari saya masih kecil sampai sekarang ini

    ReplyDelete
  34. @ Dody irwansyah
    Setelah mendengar lagu tadi saya jadi teringat dengan orangtua, membayangkan bagaimana kerja keras ayah dan ibu saya untuk pendidikan saya

    ReplyDelete
  35. @Rita
    Setelah mendengar lagu tadi saya merasa terharu atas perjuangan orang tua untuk anaknya dan betapa pentingnya orang tua bagi anaknya.

    ReplyDelete
  36. @fiola
    Setelah saya mempelajari tema 1, saya dapat menyimpulkan bahwa kita sebagai anak harus berbakti kepada orang tua dan kita sebagai anak harus tau bahwa pengorbanan orangtua sangat besar untuk kita.

    ReplyDelete
  37. Setelah saya mendengar lagu tadi, saya merasa sedih dan terharu, teringat jasa orang tua saya sejak kecil.

    ReplyDelete
  38. Setelah mempelajari tentang berbakti kepada orang tua saya merasa terharu, saya teringat dengan orang tua saya yang sedang membanting tulang demi menyekolahkan saya hingga saat ini dan demi kebutuhan hidup, orang tua saya rela berkorban demi anak anak nya. Sampai kapan pun saya tidak akan pernah bisa membalas semua pengorbanan yang dilakukan orang tua saya.

    ReplyDelete
  39. Setelah mempelajari tentang berbakti kepada orang tua saya merasa terharu, saya teringat dengan orang tua saya yang sedang membanting tulang demi menyekolahkan saya hingga saat ini dan demi kebutuhan hidup, orang tua saya rela berkorban demi anak anak nya. Sampai kapan pun saya tidak akan pernah bisa membalas semua pengorbanan yang dilakukan orang tua saya.

    ReplyDelete
  40. @Muhammad Fasya Arrafi saya merasa sedih dan teringat orang tua di rumah

    ReplyDelete
  41. Setelah mempelajari tema 1 tentang bakti kepada orang tua,betapa pengerbonan orang tua kepada anak anak,rela banting tulang demi pendidikan anak anaknya @adha

    ReplyDelete
  42. saya merasa sedih ,setelah meliat dan mendengarkan vidio tersebut. Saya selalu mendoakan kedua orang tua saya dan orang tua disekolah(guru) , saya akan lebih taat dan patuh kepada mereka .@ramadhika

    ReplyDelete
  43. @Afifah
    Setelah mendengarkan lagu tadi saya merasa sedih,karena mengingatkan saya kepada kedua orang tua saya yang betapa banyaknya pengorbanan beliau untuk saya, saya akan berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya, berbakti kepada orang tua, selalu menghormatinya dan membuat mareka bangga kepada saya.

    ReplyDelete
  44. @ethic nugroho

    Setelah mempelajari tema 1 betapa saya menyadari begitu berharganya orang tua.. Yaa allah ampunilah mereka dan selalu dalam lindunganmu.. Amin

    ReplyDelete
  45. Saya merasa sangat terharu @danendraerico

    ReplyDelete
  46. Setelah mempelajari bakti orang tua, saya menjadi semakin taat kepada orang tua
    @fajar maulaba

    ReplyDelete
  47. Setelah mempelajari tema 1 betapa saya menyadari begitu berharganya orang tua.. Yaa allah ampunilah mereka dan selalu dalam lindunganmu.. Amin @abdi maulana

    ReplyDelete
  48. Saya akan lebih baik lagi dari sebelumnya @daffaulhaq

    ReplyDelete
  49. @rovino_s

    Setelah mendengar lagu tadi saya jadi ingin cepat cepat pulang kampung

    ReplyDelete
  50. Betapa berharganya mereka untuk saya :( @fthy

    ReplyDelete
  51. Setelah mempelajari tema 1 saya sangat menyadari begitu berharganya orang tua di kehidupan saya.. Yaa allah ampunilah mereka dan Jaga lah agar selalu dalam lindunganmu.. Amin @Truly Baaqii Wibowo

    ReplyDelete
  52. Saya Teringat orang tua saya Rasanya ingin cepat cepat bertemu orang tua saya @Sri Mulyani

    ReplyDelete
  53. Ya jdi saya semakiin semngat untuk menghadapi hidup yg sangan sukit dan penuh lika liku dan saya menjadi pribadi yang baikkkkkk

    ReplyDelete
  54. Saya rindu mamah saya.Tidak ada kata kata yang dapat saya tuliskan. Intinya saya rindu kedua orang tua saya @ridhaaisa

    ReplyDelete
  55. Saya merasa sangat terharu dan saya merasa sedih dan teringat orang tua saya di rumah @Bagas Valentyo almanda

    ReplyDelete
  56. Setelah saya mempelajari tema 1 ini saya jadi teringat dengan pengorbanan ortu saya agar saya bisa sekolah pilihan saya @satria irwangsa

    ReplyDelete
  57. Saya merasa terharu dan ingin berbakti lagi dan membuat mereka bahagia
    @fahmi

    ReplyDelete
  58. @prila geonestri pramanda
    Saya jadi sangat terharu dan ingat orang tua

    ReplyDelete
  59. Saya merasa begitu berharga kedua orang tua saya dan saya akan selalu menghargai kedua orang tua saya @faizanazlia

    ReplyDelete
  60. Anna fitria
    Saya menjadi teringat orang tua
    Saya sangat menyesal karena telah berbuat salah selama ini dgn ada nya pembelajaran ini saya jadi mengingat bagaimana memperlakukan orang tua dgn baik dan benar

    ReplyDelete
  61. Setelah mempelajari tema 1 ini saya tersadar betapa kita harus sangat menghormati dan menghargai orang tua karena betapa banyak jasa beliau kepada saya dan setelah mendengar video diatas saya merasa sedih karena saya kos dan harus jauh dari kedua orangtua

    ReplyDelete
  62. @M.Ari Maulana
    Ulun terharu, digawi apa yg disuruh kuitan tu jangan pina pengoler

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Setelah mempelajari tema bab 1,alangkah baiknya kita bisa berbakti kepada orang tua, selalu taat kepada mereka, menyayangi mereka selagi masih ada.karena jika mereka sudah tiada,akan ada yang hilang sebuah kemuliaan yaitu doa dari seorang orang tua.

    ReplyDelete
  65. #Dayat Hidayat

    Saya merasa sedih dan terharu
    Jadi buhannya ai maasi asi mun ditagur kuitan jangan sarik lawan kuitan tu
    Amun disuruh tu digawi jangan kada hakun jangan jadi pangulir
    Tampulu kuitan masih ada, syukur banar
    Menyesal datang di akhir, bukan di awal
    Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua

    #BerbaktiKepadaOrangTua

    ReplyDelete
  66. Bab ini mengingatkan kita kembali untuk berbakti kepada orang tua,menghargai beliau, merawat dan menyayangi sebagaimana mereka mengasihi selagi kita masih kecil. Tidak membangkan perkataan yang mereka lontarkan, karna jika mereka tidak merawat kita,kita belum tentu menjadi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  67. Materi ini membuat kita utknlebih menghargai org tua, sayang org tua, dn slalu mnjga hati, perasaan,dn fisik orgtua.

    ReplyDelete
  68. Saya merasa bersalah kpd orang tua saya

    ReplyDelete
  69. Dari sini kita belajar, 1 atau 2 kali saja tidak cukup untuk mengucapkan kata 'terima kasih' kepada kedua orang tua. Semoga kita bisa selalu mendoakan orang tua kita kapan pun dan dimana pun

    #Putri_Nur_Khafifah(IXG)

    ReplyDelete
  70. #Gibran Fernanda Khadafi
    Saya merasa sedih dan terharu teringat orang tua saya di palangka raya, mengingat begitu banyak dosa yang saya lakukan kepada orang tua saya

    ReplyDelete
  71. #Muhammad Rifki Pebrian

    Saya merasa sedih,dan mempunyai semangat,dan tidak akan membantah perintah beliau

    ReplyDelete
  72. #Bilaal Ruziqa Fatani

    Di tema kali ini saya merasa sedih karena teringat kelakuan yg dulu", alangkah baiknya kita lebih berbakti kepada kedua orang tua,dan juga sopan santun

    #berbaktikepadaorangtua

    ReplyDelete
  73. Materi berbakti kepada orang tua ini membuat saya teringat pada kedua orang tua saya yg telah mendidik saya sedari kecil sampai sekarang - Difa salsabila Koso

    ReplyDelete
  74. #Lintang Anugerah Ekabuditya


    saya jadi tersadar betapa besarnya kasih sayang orang tua dalam membesarkan saya. maka dari itu saya harus berbakti kepada orang tua dan bisa membanggakan mereka.. amin..

    ReplyDelete
  75. #M.Fandi fadillah

    Saya jdi sadar betapa besarnya kasih syang kedua ortu ke saya

    ReplyDelete
  76. #M.Erdy Luthfianoor
    Saya merasa sedih dan terharu
    Jadi buhannya ai maasi asi mun ditagur kuitan jangan sarik lawan kuitan tu
    Amun disuruh tu digawi jangan kada hakun jangan jadi pangulir
    Tampulu kuitan masih ada, syukur banar
    Menyesal datang di akhir, bukan di awal
    Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua

    #Bukan duit orang tua
    #kasih tau bapak ibu mu
    #rantau sayang ortu

    ReplyDelete
  77. Mengingat perjuangan orang tua yang dari kecil merawat, menjaga

    (Ghina rizki auliya)

    ReplyDelete
  78. #Rifky M.Gani
    saya merasa sedih dan mempunyai rasa semangat,,untuk tdk membantah dan melawan org tua

    ReplyDelete
  79. #Angga Nugroho Tri Suryo
    Saya jadi sadar bahwa saya banyak melakukan kah yg sembrono.saya merasa sangat kecewa karena saya belum bisa membahagiakan orang tua saya.

    ReplyDelete
  80. @srirama ariyanto
    Saya jadi sadar betapa besarnya kasih sayang orang tua semenjak saya masih dalam kandungan hingga sekarang.Maka saya harus bisa membanggakan orang tua saya, saya tidak boleh membuat orang tua saya kecewa

    ReplyDelete
  81. #wildan syaufi
    Saya sadar betapa besarnya kasih sayang orang tua dalam membesarkan saya dengan sabar

    ReplyDelete
  82. #Rakha Pradana

    Saya jadi sadar akan kasih sayang orang tua dalam membesarkan dan mendidik saya . merasa memiliki banyak kesalahan dan dosa yang pernah saya perbuat kepada orang tua saya

    ReplyDelete
  83. #Muhammad Fathurrozi Surya Putra

    Setelah mempelajari ini ,saya menjadi lebih tau hak dan kewajiban kepada orang tua, dan lebih sadar kasih sayang orang tua

    ReplyDelete
  84. materi bab ini , menyadarkan betaa besr nya rasa kasih syg tanpa mengeluh nya org tua selama membesarkan kita - Yulia Safitri Dewi

    ReplyDelete
  85. #Muhammad Irfan Arifbillah Tahir


    Saya jadi tau perjuangan orang tua saya mulai dari lahir sampai sekolah smk sekarang ini yang membesarkan saya dengan kasih sayang dan saya tersadar betapa besarnya pengorbanan ibu saya

    #RantauPunya

    ReplyDelete
  86. #MuhammadFikrizza
    Setelah membaca halaman ini, akan mengingat kembali perjuangan orang tua kita dalam membesarkan kita

    ReplyDelete
  87. Saya merasa terharu, dan sadar bahwa kasih sayang orang tua tak terhingga sampai akhir hayat

    (Muhammad Lintang Herlambang)

    ReplyDelete
  88. Mengingat orangtua dan jasa2 mereka merupakan salah satu obat pemacu semangat untuk menggapai mimpi kita👍
    @lz

    ReplyDelete
  89. Setelah membaca materi dan juga renungan tadi saya menjadi lebih menyayangi waktu bersama kedua orang tua saya dan saya juga berdoa semoga orang tua saya panjang umur dan sehat selalu dan saya menjadi anak yang lebih berbakti kepada orang tua saya semoga saya bisa menjadi anak yng dibanggakan oleh orang tua..

    ReplyDelete
  90. #MuhammadNapizRafti
    Setelah saya membaca materi ini saya menjadi lebih berpengetahuan

    ReplyDelete
  91. @akhmadfaisal
    saya merasakan bahwanya saya bukan apa apa tanpa orang tua apalagi ibu,sosok seorang ibu adalah malaikat tak bersayap yang ada didunia.semoga orang tua kita semua masuk surganya allah amienn.

    #gambutpunya

    ReplyDelete
  92. #Rayhan Pangestu

    Kasih sayang orang tua tiada habisnya, walaupun telah berbuat salah. Oleh karena itu saya harus lebih berbakti kepada mereka.

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  94. @silvy putri mantika
    saya sangat sedih dan saya ingin lebih patuh/berbakti lagi kpd orangtua

    ReplyDelete
  95. #Muhammad Ridho
    Setelah mempelajari bab ini
    Saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya yang sudah meninggal dengan menjadi anak yang sholeh

    ReplyDelete
  96. @Muhammad Reza Pahlevi
    Semoga ibu saya diberi kesehatan
    #Muhammad_Reza_Pahlevi
    #bin_Abdullah
    #bin_Abbas
    #bin_Aji

    ReplyDelete
  97. setelah mempelajari bab pertama yg bertemakan berbakti kepada orang tua,saya merasa bersyukur masih memiliki orang tua yang lengkap...

    -Aulia Kurniasari

    ReplyDelete
  98. #mohammad sendhy eko maulana

    Saya merasa sangat terharu setelah mendengar lagu tdi, saya ingin cepat² pulang ke kampung halaman saya dan bertemu kedua ortu saya

    ReplyDelete
  99. @anita puspita sari
    Sedih dan terharu.

    ReplyDelete
  100. Dio Aulia Ari K.S

    Saya jadi teringat berapa banyak pengorbanan yang telah di berikan orang tua saya kepada saya

    ReplyDelete
  101. Setelah mempelajari tema 1, saya sangat bersyukur memiliki orang tua yang pengertian dan penyayang yang telah merawat saya dari kecil hingga besar @RifqiAdiM

    ReplyDelete
  102. Setelah mempelajari tema 1,saya menjadi sadar betapa besarnya kasih sayang orang tua kepada saya dan betapa besarnya usaha/kerja keras orang tua dalam membesarkan saya. @WahyuPramanaPutra

    ReplyDelete
  103. alhamdulillah..setelah mempelajari materi ini, saya kembali tersadar akan perjuangan orangtua saya sampai sekarang, maka dari itu kita harus selalu berbakti kepada orang tua ;)
    -dhea yaumil haz kubra

    ReplyDelete
  104. menjadi lebih menghargai dan menghormati keberadaan orang tua

    ReplyDelete
  105. Jadi teringat semua kesalahan yang telah di lakukan ke orang tua, tapi walau begitu mereka tetap menjaga dan mengurus kita hingga akhir hayat mereka

    -Nur Agung N.R.

    ReplyDelete
  106. @ Zulfira: kedepannya saya akan lebih menghargai lagi orang tua.. dan tidak minta-minta lagi, tidak lagi pengen dimanja...

    ReplyDelete
  107. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  108. Alhamdulillah , setelah mempelajari bab ini, bahwa kasih sayang orang tua itu sangat besar, maka berbaktilah kepada keduanya @febriyanadh

    ReplyDelete
  109. Farid Handayani

    Saya teringat saat saya waktu kecil
    Orang tua saya selalu membelikan apa yang saya minta saya ingin membahagiakan orng tua saya

    #bahagiakanorangtua


    ReplyDelete
  110. menjadi lebih menghargai dan menghormati keberadaan orang tua @naurazhr

    ReplyDelete
  111. ingin lebih berbakti kepada orang tua,selagi orang tua saya masih ada
    -Dita Qhoriah Islamiyah

    ReplyDelete
  112. #rury

    Setelah membaca blog ini, saya ingat akan perjuangan kedua orang tua saya yang sangat keras untuk anak anaknya

    ReplyDelete
  113. Saluut untuk @Farid...
    #bahagiakanorangtua

    ReplyDelete
  114. setelah mempelajari tema 1, saya sadar kasih sayang orang tua sangat besar dan pentingnya kita sebagai anak untuk selalu berbakti dan selalu menyayangi kedua orang tua selagi ada.

    ReplyDelete
  115. Saya akan jadi lebih baik dan akan lebih menghargai orang tua saya

    ReplyDelete
  116. Saya jadi lebih menghargai orang tua dan sadar bahwa kasih orang tua sangat besar
    -Meta Dwi Andini

    ReplyDelete
  117. Saya akan jadi lebih baik lagi dan pentingnya kasih sayang dengan orang tua @siti noor annisa

    ReplyDelete
  118. Saya jadi teringat orang tua saya yang selalu berjuang untuk kebahagiaan anak2nya...

    ReplyDelete
  119. Saya akan lebih baik lagi kedepannya,saya ingin lebih berbakti kepada orangtua dan saya ingin membahagiakan orangtua
    @bangkitlaodja

    ReplyDelete
  120. @ahmad_asyafei
    Saya bersyukur kepda allah dan saya bersyukur masih memiliki orang tua. Dan berapa banyak pengorbanan yang telah diberikan orang tua saya kepada saya.jdi bahagiakan lah orangtua sewaktu dia masih ada.
    #renungan
    #bahagiakanlahorangtuajanganbisamemarahinorangtua

    ReplyDelete
  121. saya akan selalu menghargai orang tua dan selalu berbakti kepada orang tua saya
    -Aisyahghina

    ReplyDelete
  122. @anisa, eeeemmm so sweeeet...
    #bahagiakanorangtua

    ReplyDelete
  123. Subhanallah,Kedepannya saya akan lebih berbakti lagi kepada orang tua dan saya bersyukur masih mempunyai orang tua

    -M. Farish Ramadhan Ferdinansyah

    ReplyDelete
  124. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat untuk diri saya sendiri

    ReplyDelete