Thursday, February 14, 2019

Sikap Seorang Muslim

Tema V
Sikap Seorang Muslim
*Ayat-ayat tentang sikap seorang Muslim
1. Lafal Ayat-ayat tentang sikap seorang muslim
2. dan Arti kosa kata ayat tentang sikap seorang muslim*
klik link ....
a. QS. An-Nisa [4]: 136
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=An%20Nisaa&aya=136#kata_4_136_1
b. QS. Al-Baqarah [2]: 23-24
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Baqarah&aya=23#kata_2_23_1
c. QS. Al-Baqarah [2]: 28
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Baqarah&aya=28#kata_2_28_1
d. QS. Al-Baqarah [2]: 208-209
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Baqarah&aya=208#kata_2_208_1
3. Hukum bacaan tajwid*
Slide ...
https://drive.google.com/open?id=1QmsoSyRU-yeTtERFMCjiTs_A9GId2iTd

4. Kandungan ayat-ayat tentang sikap seorang muslim
10 Ciri Pribadi Muslim

10 CIRI PRIBADI MUSLMIM
1) Aqidah yang bersih
2) Ibadah yang benar
3) Akhlak yang kokoh
4) Kekuatan jasmani
5) Intelek dalam berfikir/berwawasan luas
6) Melawan hawa nafsu
7) Pandai menjaga waktu
8) Teratur dalam segala urusan
9) Mandiri dari segi ekonomi
10)  Bermanfa'at bagi orang lain

Berikut kandungan ayat-ayat tentang sikap seorang muslim.
a. QS. An-Nisa [4] ayat 136.
Didalam ayat ini secara garis besar berisi tentang perintah untuk menyempurnakan keimanan. Secara etimologi iman berasal dari kata "aamana -yu'minu-iimaanan" yang artinya percaya, dan secara terminologi iman adalah "'aqdun bil qalbi, waiqraarun billisaani, wa 'amalun bil arkaan" yang artinya
diyakini dengan hati diucapkan dengan lisan dan diwujudkan dengan amal perbuatan.
Ditinjau dari sudut historis ayat ini sasarannya adalah pada orang yang beriman tapi masih belum sempurna keimanannya. oleh karena itu orang yang sudah mengaku beriman mesti terus menerus berusaha menjadi mukmin sejati, yang benar benar beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-Nya, takdir-Nya serta hari akhir, yang mestinya dibuktikan dalam hati, ucapan, sikap, dan perbuatan.
Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa konteks ayat ini adalah perintah untuk menyempurnakan dan memperkukuh keimanan yang mengandung beberapa makna antara lain sebagai berikut.
1) Orang yang beriman secara taqlid, hendaklah mengimaninya secara argumentasi dengan mengetahui dasar-dasar serta dalil-dalilnya.
2) Orang beriman secara global, maka hendaklah meningkatkan keimananya secara rinci dan detail.
3) Orang yang masih beriman secara hati dan lisan hendaklah beriman secara keseluruhan yaitu juga disertai amal perbuatan.
4) Orang yang sudah beriman secara sempurna, maka hendaklah terus disempurnakan dan diperkukuh keimanannya sehingga tidak lepas sedetikpun.
5) Ahlul kitab yang hanya mengimani sebagian rasul dan kitab, hendaklah beriman pada seluruh yang diutus dan diturunkan Allah SWT.

b. QS. Al-Baqarah [2] ayat 23-24.
QS. Al-Baqarah [2] ayat 23 berisi tentang tantangan kepada orang-orang kafir, Allah SWT menyatakan, "Jika kamu sekalian masih ragu-ragu tentang kebenaran Al-Qur'an dan mendakwahkan Al-Qur'an buatan Muhammad, coba buat satu surah semisal Al-Qur'an. Kalau benar Muhammad
yang membuatnya, niscaya kamu tentu sanggup pula membuatnya karena kamu pasti sanggup melakukan segala perbuatan yang dibuat oleh manusia.
Ajak pulalah berhala-berhala yang kamu sembah, pembesar-pembesarmu, bersama-sama dengan kamu membuatnya karena kamu mengakui kekuasaan dan kebesaran berhala-berhala dan pembesar-pembesarmu."
Kemudian Allah menegaskan, jika kamu benar dalam pengakuanmu itu, tentu kamu sanggup membuatnya tetapi kamu adalah orang-orang pendusta, Al-Qur'an itu benar-benar diturunkan dari Allah karena itu mustahil manusia dapat membuatnya. Jadi di dalam ayat ini menunjukkan bahwa
AI-Qur'an itu adalah mukjizat yang paling besar yang diturunkan Allah melalui perantara Malaikat jibril kepada Nabi Muhammad saw.
QS. Al-Baqarah [2] ayat 24; Allah menegaskan bahwa semua makhluk Allah tidak akan sanggup membuat tandingan terhadap satu ayat pun dari ayat-ayat Al-Qur'an. Oleh karena itu, hendaklah manusia memelihara dirinya dari api neraka dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang terdapat di dalam Al-Qur'an dengan keimanan dan beramal shaleh.
Dari kedua ayat tersebut di atas dapat diambil kesimpulan berisi tentang:
1) Pengukuhan kenabian Rasulullah saw. yang dimantapkan dengan turunnya Al-Qur'an.
2) Menguatkan akan kelemahan manusia untuk membuat satu surah saja semisal surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an Al-Karim setelah berlangsung selama 1406 tahun. Tantangan untuk itu tetap berlaku namun belum ada mereka yang mampu membuat satu surah saja semisal surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an tersebut. Hal ini (sebagai bukti kebenaran dari) firman-Nya: "dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya)".
3) Api neraka dapat dijauhi dengan keimanan dan amal yang shaleh. Dalam hadis yang shahih, Nabi saw. bersabda: "dan jauhilah api neraka meskipun dengan sebelah buah kurma."

Mentadabburi Al-Qur'an
c. QS. Al-Baqarah [2] ayat 28.
Ayat ini berisi tentang sebuah pertanyaan yang bermakna keheranan dan pengejekan serta pengingkaran, yaitu bagaimana bisa terjadi kekufuran dari sekalian manusia kepada Allah yang telah menciptakan mereka dari tidak ada, lalu memberikan nikmat-Nya kepada mereka dengan berbagai
macam nikmat, kemudian Allah mematikan mereka bila telah sampai ajal mereka, lalu Dia membalas mereka di dalam kubur sesuai amal perbuatan mereka dengan pengadilan yang seadil-adilnya.
Ayat ini memberikan pelajaran kepada kita untuk introspeksi atau melihat kembali tentang asal-usul kita. Dari tiada kemudian kita diadakan, entah darimana asal kita dahulu. Mungkin dari bayam atau sayur-sayuran, dari ranting-ranting, atau dari air yang mengalir, di serangga, dan lain sebagainya,
kemudian dihidupkanlah kita" Terbentuknya mani dalam shulbi ayah dan toraib dalam tubuh ibu kita, yang berasal dari darah. Darah itu berasal dari makanan, hormon, kalori, dan vitamin. Kemudian kita masuk dalam rahim ibu kita. dikandungnya dalam sekian bulan lalu diberi akal. Mengembara di
permukaan bumi berusaha untuk mencukupi seluruh kebutuhan hidup.
Kemudian Allah mengembalikan kita ketempat asal dengan kematian. Asalnya dari tanah akan dikembalikan ke tanah. Sesustu yang asalnya dari ranting akan dikembalikan ke ranting. Sesuatu yang asalnya dari air akan dikembalikan ke air.
Lalu Allah menghidupkan kamu yaitu hidup untuk yang ke dua kalinya. Sebab nyawa yang terpisah tadi tidak kembali ke tanah, akan tetapi pulang ke tempat yang telah ditentukan buat menunggu panggilan hari kiamat. Itulah hidup yang ke dua kalinya. Kehidupan yang kedua akan iebih baik dan
mulia, atau sebaliknya akan lebih sengsara dan hina. Dalam kehidupan yang kedua akan ditentukan oleh bagaimana pengembaraan kita selama hidup di alam dunia. Apa yang sudah kita usahakan, kita cari dan kita raih? Sebab kita semua akan kembali kepada-Nya sesuai dengan ujung ayat 28,"Kemudian kepada-Nyalah kamu akan kembali, patutkah kita yang telah diberikan rahmat, nikmat, dan hidayah oleh Allah seperti itu masih memungkiri dan mengkufuri? Mari pergunakan akal sehat kita untuk tafakkur, sudah patutkah perbuatan kita seperti ini!

d. QS. Al-Baqarah [2] ayat 208-209.
Seandainya kita mencoba mentadabburi ayat ini secara sepintas, maka kandungan yang bisa kita ambil dari ayat tersebut adalah orang yang diseru pada ayat tersebut adalah orang-orang yang beriman, serta berisi anjuran kepada orang yang beriman untuk memasuki Islam secara keseluruhannya dan tidak setengah-setengah, selain itu berupa anjuran kepada orang yang beriman untuk tidak (baca: larangan) mengikuti langkah-langkah syaithan dan menjadikan syaithan sebagai musuh bagi orang-orang yang beriman.

Seandainya kita coba menelaah Kitab Asbab An-Nuzul yang berkenaan dengan ayat tersebut, maka kita akan mengetahui bahwasannya-dalam satu riwayat-ayat tersebut berkenaan dengan sekelompok kaum Yahudi yang menghadap Rasulullah saw. yang hendak menyatakan keimanannya, namun
di samping itu mereka pun (orang-orang Yahudi tersebut) meminta pula kepada Nabi saw. agar dibiarkan merayakan hari Sabtu dan mengamalkan Kitab Taurat pada malam hari. Mereka menganggap bahwa hari Sabtu merupakan hari yang harus dimuliakan, dan Kitab Taurat adalah kitab yang diturunkan oleh Allah SWT juga. Oleh karena itu, berkenaan dengan peristiwa tersebut, maka turunlah ayat tersebut di atas, yang merupakan perintah agar tidak mencampur-baurkan agama. Di antara orang-orang Yahudi yang menghadap kepada Nabi itu adalah: Abdullah bin Salam, Tsa'labah, Ibnu Yamin, Asad bin Ka'ab, Usaid bin Ka'ab, Sa'id bin 'Amr, dan Qais bin Zaid (Diririwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Ikrimah).

Khazanah Do'a-do'a dalam Al-Qur'an
Terdapat doa-doa yang diucapkan oleh para nabi di dalam Al-Qur'an. Hafalkan beberapa do'a tersebut!
Lihat Gambar ....


1) Do'a Nabi Musa a.s. memohon dilapangkan dada dalam urusan. [QS. Thaha: 25-28]
Gambar 1

2) Doa Nabi Muhammad saw. memohon kesejahteraan dunia-akhirat. [QS. Al-Baqarah: 201]
Gambar 2

3) Doa NabiMuhammad saw. memohon terhindar dari kesesatan. [QS. Ali' 'lmran: 8]
Gambar 3

4) Doa Nabi Muhammad saw. memohon hidayah dan rahmat Allah SWT. [QS. Ali' 'Imran: 9]
Gambar 4

5) Doa Nabi Muhammad saw. memohon sikap adil. [QS. Al-Anbiya: 112]
Gambar 5


6) Doa Nabi Muhammad saw. memohon keampunan Allah SWT. [QS. Al-Mu'minun: 118]
Gambar 6

Rangkuman:
1. Seorang muslim hendaknya beriman secara kamil dan mempertahankan keimanan yang dimiliki.
2. Seorang muslim harus menggunakan Al-Qur'an sebagai sumber ajaran Islam dan pedoman hidup.
3. Manusia harus melakukan intropeksi diri agar senantiasa melakukan kebaikan dan menjauhi kebathilan.
4. Keimanan uang dimiliki harus ditunjukkan dalam hati, perkataan dan perbuatan.
Glosarium
dosa: perbuatan yang melanggar hukum Allah SWT atau agama
doa: permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Allah SWT
rahmat: belas kasih; karunia; berkah Allah SWT.

163 comments:

  1. Alhamdulillah,saya jadi mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang baik dan benar

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah pembelajaran ini membuat kita mengerti tentang sikap seorang muslim yang baik

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah paham maksud dari ayat ayat tsb

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah pembelajaran ini membuat kita mengerti tentang sikap seorang muslim yang baik

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,saya jadi mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang baik dan benar dan lebih mengerti tentang surah" tsb

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, Terima kasih bapak atas atas ilmunya🙏

    ReplyDelete
  7. Nama : Muhammad Rovino Sanjaya
    Kelas : XI E TKJ

    Alhamdulillah, ilmu saya bertambah

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah...setelah mempelajari ini, saya semakin paham tentang sikap kita sebagai muslim yang baik

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah...setelah mempelajari ini, saya semakin paham tentang sikap kita sebagai muslim yang baik

    (Muhammad Yoga Adha Pratama ) XIC TKJ

    ReplyDelete
  10. Nama : Muhammad Habibi
    Kelas : XI C TKJ

    Alhamdulillah, ilmu saya bertambah

    ReplyDelete
  11. @rizkiaafifah
    Alhamdulillah setelah saya membaca dan memahami materi ini, saya semakin paham tentang sikap muslim yang baik

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah pada pembelajaran ini membuat saya mmengerti bagaimana sikap seorang muslim yang ditulis di dalam al-quran

    Rayhan Pangestu xid

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah,terima kasih bapak ilmunya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, setelah membaca ini saya menjadi mengerti bagaimana bersikap sebagai muslim yang benar.

    Adinda Ayu Puspita R
    XIC - TKJ

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, Saya menjadi lebih tahu tentang bagaimana sikap seorang muslim, dan wawasan saya bertambah serta mengingatkan tentang kebaikan

    Muhammad Jemari ADriani
    XIG _ MM

    ReplyDelete
  16. @ranyafauzibawazir
    Alhamdulillah makasih Ustad atas ilmunya ����

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah setelah membaca jnj wawasan saya untuk menjadi muslim yang benar bertambah

    Dewa syah acksela
    XI F MM

    ReplyDelete
  18. Terimakasih atas ilmunya semoga bermanfaat dan lebih mengerti sikap seorang muslim

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah terima kasih pak atas ilmunynya. mudah mudahan setelah membaca artikel ini saya dapat menjadi muslim yang lebih baik amin

    Muhammad Rifda Anwar
    XIC - TKJ

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah,saya jadi mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang berbudi pekerti yg baik dan benar, Terimakasih atas ilmunya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  21. @ainul khopijah
    Nama : Ainul khopijah
    Kelas : XIB TJA

    Alhamdulillah dengan membaca dan memahami blog ini saya menambah ilmu dan wawasan saya untuk menjadi muslim yang baik dan benar. Semoga apa yang saya pelajari menjadi manfaat bagi saya dan banyak orang

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah pembelajaran ini membuat kita mengerti tentang sikap seorang muslim yang baik

    Truly Baaqii Wibowo
    XI E - TKJ

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat,, terima kasih ustadz...

    Figa aghani rosyid
    XIB

    ReplyDelete
  24. @cahayakamila
    Alhamdulillah, terimakasih atas ilmu yang bermanfaat. semoga kita semua bisa menjadi mukmin sejati. yang dibuktikan dalam hati, ucapan, sikap, dan perbuatan. Aamiin.

    ReplyDelete
  25. @Adha
    Alhamdulillah, terimakasih atas ilmu yang bermanfaat. Mudah mudahan semoga kita menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah nya dan menjauhi segala larangan nya

    ReplyDelete
  26. terimakasih bapak atas ilmu nya yg bermanfaat. -naurazhra

    ReplyDelete
  27. @vaniazalianty
    Terima kasih atas ilmu yang di berikan pa, sekarang jadi lebih mengetahui bagaimana bersikap menjadi seorang muslim yang baik

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah setelah mempelajari materi ini, saya semakin paham tentang sikap kita sebagai muslim yang baik

    ReplyDelete
  30. @muhammadrayhankurniawan
    Alhamdulillah, ilmu yang sangat bermanfaat untuk menjadi pribadi muslim yang baik

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah pak materi ini sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun untuk org lain,,trim trimakasih pak��

    ReplyDelete
  32. @sri Mulyani
    Alhamdulillah dengan membaca dan mempelajari materi di atas saya menjadi lebih paham dan mengerti tentang sikap kita sebagai seorang muslim yang baik

    ReplyDelete
  33. @Winna Aprilyanti-XIE
    Terimakasih pa karna materi ini membuat saya mengerti bagaimana sikap muslim yang sebenarnya

    ReplyDelete
  34. Nama : Maulana Malik Ibrahim
    Kelas : XIA

    Alhamdulillah Ilmu Saya Bertambah

    ReplyDelete
  35. Nama : Nilam Rahma Sari
    Kelas : XID
    Terima kasih bapak atas ilmu yg di berikan semoga bisa bermanfaat bagi saya dan juga teman-teman

    ReplyDelete
  36. Muhammad Fathurrozi Surya Putra
    XI D
    Terima kasih dan allhamdulillah pak, saya mendapatkan ilmu bagaimana seorang sikap seorang muslim

    ReplyDelete
  37. Allhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat pa, dari artikel diatas saya mendapat banyak ilmu tentang sikap seorang muslim terimakasih pa

    Muhamnad.Risdinal.Sanggaria
    XI C

    ReplyDelete
  38. Mima Artamevia
    XI A
    Terima kasih pak atas ilmunya, semoga bermanfaat buat saya dan yang lain, aamiin...

    ReplyDelete
  39. Ahmad syafei
    XIF
    Allamdulilah saya mengerti dengan sikap muslim

    ReplyDelete
  40. Viatun Wadur Atammaani
    XI B
    Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya pak semoga bermanfaat bagi kami semua untuk dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah, Ilmunya sangat bermanfaat pak.
    Dhiya Fawwas Akbar
    XI F

    ReplyDelete
  42. Bilaal Ruziqa Fatani
    XIG
    Alhamdulillah, terima kasih atas ilmunya pak

    ReplyDelete
  43. Putri Nur Khafifah
    XIG

    Alhamdulillah terima kasih pak, semoga saya dan teman-teman ilmunya bertambah setelah membaca ini.. amin

    ReplyDelete
  44. Muhammad Reza Ariandy
    XIA TJA

    Alhamdulillah, semoga ilmu yang kita dapat menjadi bermanfaat dan juga selalu bertambah banyak aamiin.

    ReplyDelete
  45. Reyhan Supangkat
    XIC

    Alhamdulillah, setelah membaca ini saya jadi mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang baik

    ReplyDelete
  46. Muhammad Najmi (XI A)

    Alhamdulillah terimakasih materinya Pak, sangat bermanfaat dan menambah ilmu.

    ReplyDelete
  47. alhamdulillah,terima kasih atas ilmunya pak 🙏

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah, saya jadi mengetahui bagaimana sikap yang harus dimilik oleh seorang muslim

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah, terimakasih banyak bapak untuk ilmunya🙏 -Aisha Isaura

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah jadi tambah mengerti soal agama muslim

    ReplyDelete
  51. alhamdulillah,terima kasih atas ilmunya pak 🙏

    -Muhammad Azmo XIG

    ReplyDelete
  52. AlhamdAlhamdulillah ilmu pengetahuan saya bertambah

    Nama:Muhammad Fajar Iswahyudi
    Kelas :XI A

    ReplyDelete
  53. Aulia Kurniasari
    XI D

    Alhamdulillah terimakasih bapa hafiz, dengan materi ini saya menjadi tau sikap seorang muslim yg baik. semoga kedepannya kita dapat melaksanakan Amin

    ReplyDelete
  54. Helda Yanti Aliza Rahman
    XI D

    Alhamdulillah, terimakasih Pa Hafiz atas materi yg diberikan, mudah-mudahan saya bisa menjadi muslim yg baik kedepannya.Aminn

    ReplyDelete
  55. bismillah semoga bisa saya terapkan.. terimakasih pak, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  56. Muhammad Fahmi Ridhani
    Xie

    Alhamdulillah ilmu ini sangat bermanfaat dan berguna sekali

    ReplyDelete
  57. @hermawandion
    Terimakasih banyak pak ilmunya sangat bermanfaat sekali untuk saya

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  59. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat pa
    (Elma maulida XIF)

    ReplyDelete
  60. Alhamdullilah, wawasan saya semakin luas setelah membaca artikel inim terima kasih atas ilmu nya

    - rury faradita ( XI F )

    ReplyDelete
  61. Alhamdulillah dengan adanya materi tersebut membuat kami bisa mempelajari banyak hal dan wawasan kami bertambah


    RASYIDAH (XID)

    ReplyDelete
  62. Alhamdulillah, tema 5 ini membuat saya paham akan sikap seorang muslim yang baik. Terimakasih pak

    Gibran Fernanda Khadafi
    XIG MM

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah, ilmunya bermanfaat sekali untuk menjadi dan memperbaiki pribadi muslim yang lebih baik dan berakhlak.

    ReplyDelete
  64. Alhamdulillah, materinya sangat bermanfaat dan semoga saya bisa menerapkan pribadi muslim yg baik

    -Irfan Arifbillah XID

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah, Saya menjadi lebih tahu tentang bagaimana sikap seorang muslim, dan wawasan saya bertambah serta mengingatkan tentang kebaikan
    #angganugrohotrisuryo
    XID TKJ

    ReplyDelete
  66. Alhamdulillah terimakasih materinya Pak, sangat bermanfaat dan menambah ilmu. 🙏

    Rifqi Adi Mu' Ammar XI D

    ReplyDelete
  67. Terima kasih Pak, Ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah ,terimakasih buat ilmu nya pak

    - M. Sendhy Eko Maulana

    ReplyDelete
  69. Alhamdulillah,tema kali ini sangat bermanfaat,saya menjadi lebih mengetahui tentang sikap muslim yang baik. Terimakasih

    Prila geonestri pramanda XIE

    ReplyDelete
  70. Wah...terima kasih banyak Pak Jadi lebih paham sama materinya. Mudahan dapat bermanfaat bagi sesama muslim...

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. Muhammad Ridho
    XI D
    Alhamdulillah, materi kali ini menambahkan wawasan saya dalam bersikap terutama menjadi muslimin yang baik

    ReplyDelete
  73. Srirama Ariyanto
    XI D
    Alhamdulillah ustad, materi ini menambah wawasan dan pengetahuan saya dalam bersikap dan menjadi muslimin yang baik

    ReplyDelete
  74. Alhamdulillah, terima kasih atas ilmunya ustadz

    ReplyDelete
  75. Alhamdulillah,saya jadi tambah mengerti arti bagaimana sikap seorang muslim yang baik dan benar dan juga menambah pengetahuan menjadi muslim yang baik

    ReplyDelete
  76. Alhamdulillah dengan pembelajaran tema 5 ini, dimana saya tambah mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang seharus nya

    ReplyDelete
  77. alhamdulillah materi ini sgt bermanfaat wawasan saya jadi bertambah tentang sikap seorang muslim yg shrusnya ,trimkasih byk pak -Yulia Safitri Dewi (XID)

    ReplyDelete
  78. Alhamdulillah materi ini sangat membuat wawasan saya bertambah -Iqra Salsabilla (XIA) TJA

    ReplyDelete
  79. Alhamdulillah ilmu saya bertambah dengan materi yang bapa berikan ini

    ReplyDelete
  80. Alhamdulillah materi pada tema kali ini, bisa menambah wawasan

    ReplyDelete
  81. Dody irwansah
    XI B
    Alhamdulillah, ilmu saya bertambah dengan materi yang bpk berikan

    ReplyDelete
  82. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  83. Alhamdulillah, artikel yang bermafaat, bisa kita terapkan di dunia nyata dan ambil hikmah arinya

    Doni Rizqi Setiawan XIC

    ReplyDelete
  84. Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya.
    - Aisyah ghina (XIF)

    ReplyDelete
  85. Alhamdulillah, Saya menjadi lebih tahu tentang bagaimana sikap seorang muslim, dan wawasan saya bertambah serta mengingatkan tentang kebaikan.
    -Akhmad Faisal_XID

    ReplyDelete
  86. dengan mempelajari materi ini saya jadi mengerti sifat seorang muslim yang baik

    Amelia Agustin (XIB-TJA)

    ReplyDelete
  87. alhamdulillah, ilmunya sangat bermanfaat bagi saya dan yang lainnya untuk menjadikan kepribadian seorang muslim yang bersifat lebih baik

    selvia anggraini (xib tja)

    ReplyDelete
  88. Alhamdulillah, sungguh ilmu yg bermanfaat, dengan mempelajari materi ini semoga dapat menambah ketakwaan kita kepada Allah swt. Dan insyaa Allah dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    - Nazilah Az Zahra (XI A TJA)

    ReplyDelete
  89. Alhamdulillah, Saya menjadi lebih tahu tentang bagaimana sikap seorang muslim, dan wawasan saya bertambah serta mengingatkan tentang kebaikan.

    Said XIC

    ReplyDelete
  90. Alhamdulillah dapat menambah wawasan serta mengingatkan akan kebaikan, insyaallah dapat mengamalkan setiap hari -siti noor annisa xif

    ReplyDelete
  91. Alhamdulillah, materi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta meningkatkan tentang kebaikan

    Rian Habibie XI B TJA

    ReplyDelete
  92. alhamdulillah semoga bermanfaat untuk kita semua
    MuhammadRizqiAnshari
    XIE TKJ

    ReplyDelete
  93. Nama : Muhammad Ridki Pebrian
    Kelas: XI G MM

    Alhamdulillah materi nya bermanfaat,bertambah ilmu nya,serta lebih memahaminya

    ReplyDelete
  94. Nama : Muhammad Ridki Pebrian
    Kelas: XI G MM

    Alhamdulillah materi nya bermanfaat,bertambah ilmu nya,serta lebih memahaminya

    ReplyDelete
  95. Alhamdulillah setelah membaca blog semoga menjadi orang yang lebih baik, ilmunya bertambah, dan menjadi mukmin yang baik. AAMIIN

    ReplyDelete
  96. @fiola riauna
    Alhamdulilah setelah membaca dan mempelajari materinya,semoga kita semua dapat mengamalkannya dan menjadi orang yang lebih baik dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  97. Setelah saya membaca blog ini semoga menjadi orang yang lebih baik, dan taat kepada Allah SWT, Aamiin.
    @Nadya Melani XI B

    ReplyDelete
  98. Alhamdulillah setelah membaca blog semoga menjadi orang yang lebih baik, ilmunya bertambah, bisa mengamalkannya dan menjadi lebih taat lagi

    Muhammad Lintang Herlambang XID

    ReplyDelete
  99. Nama mochammad alifian rahman xic
    Ini sangat membantu proses belajar

    ReplyDelete
  100. Nama : Amalia Setiarini XI-E

    Alhamdulillah, terima kasih atas ilmunya pak dan semoga bermanfaat bagi kita semua.. semoga bpk sehat selalu,aamiin

    ReplyDelete
  101. Desviena Hepri C.Y XIG

    Alhamdulillah, materinya sngt membantu sy dn sangat amat amat amatttt sangat bermanfaat pak. Mksih bnyk

    ReplyDelete
  102. Yulia Novita XI A TJA

    terima kasih banyak bapak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  103. Allahmdulillah, terimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan bisa membantu menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  104. Diva Elita XID
    Alhamdulillah, makasi pa, materinya membuat saya paham bagaimana sikap seorang muslim yg baik

    ReplyDelete
  105. Alhamdulillah terimakasih pa atas ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  106. Alhamdulillah pa, semoga ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat bgu sesama

    ReplyDelete
  107. Putri Nilam Permatasari XI D
    Alhamdulillah makasih banyak pak atas materi yang diberikan, dengan materi bab 5 ini saya menjadi tau dan akan berusaha menjadi sikap seorang muslim yang baik��

    ReplyDelete
  108. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  109. Alhamdulillah makasih pak.. dengan materi bab 5 dapat menambah ilmu saya sebagai seorang muslim untuk menjadi muslim yang berperilaku baik kedepannya

    ReplyDelete
  110. Alhamdulillah makasih pak.. dengan materi bab 5 dapat menambah ilmu saya sebagai seorang muslim untuk menjadi muslim yang berperilaku baik kedepannya

    Muhammad Fajar Muharram XI B TJA

    ReplyDelete
  111. Alhamdulillah makasih banyak pak atas materi yang diberikan, materinya sangat bermanfaat dan bisa membantu menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    Siti farida XIA

    ReplyDelete
  112. YUNITA NUR HAZIZAH
    XIA TJA

    Alhamdulillah terimakasih banyak pak Hafiz, dengan materi yang telah diberikan dapat mengerti bagaimana cara menjadi muslim yang berperilaku baik dan semoga dengan materi ini bisa diterapkan dikehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  113. Alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat, semoga kita dapat menerapkannya untuk sehari hari

    Rita Aulia Safitri
    XI B TJA

    ReplyDelete
  114. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  115. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  116. alhamdulillah sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  117. Muhammad Iqbal Firmansyah
    XI A TJA

    Alhamdulillah materi nya sangat bermanfaat, terima kasih pak

    ReplyDelete
  118. Alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat untuk saya pak dan semoga bisa saya terapkan di kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  119. Alhamdulillah setelah membaca materi ini bisa membantu saya berubah
    Muhammad Adznan Maulana
    XIE TKJ

    ReplyDelete
  120. Alhamdulilah materinya sangat bermanfaat, terima kasih pak

    ReplyDelete
  121. bermanfaat sekali

    muhammad noorhafizi
    xic tkj

    ReplyDelete
  122. Alhamdulillah dari materi ini kita jadi lebih menguatkan iman dalam hidup

    ReplyDelete
  123. Ahmad Faishal Hanif (XI B)

    Alhamdulillah, materinya bermanfaat dan menambah ilmu

    ReplyDelete
  124. Satria Irwangsa XI E
    Alhamdulillah,saya jadi mengerti bagaimana sikap seorang muslim yang baik dan benar

    ReplyDelete
  125. Alhamdulillah, berkat materi ini saya lebih memahami tentang bagaimana sikap seorang muslim yang baik dan benar, terimakasih.

    ReplyDelete
  126. terimakasih bapak, materi ini sangat bermanfaat buat saya karena saya bisa lebih mengetahui tentang sikap baik seorang muslim

    ReplyDelete
  127. Terimakasih banyak pak atas ilmunya,semoga kita semua bisa mengamalkannya

    ReplyDelete
  128. Terimakasih banyak bapa, atas ilmunya, bermanfaat banget bagi kita semoga kita semua bisa mengamalkannya. aamiin

    ReplyDelete
  129. Terimakasih bapak, atas ilmunya, mudahan bisa kami amalkan di kehidupan sehari-hari aminn

    ReplyDelete
  130. Alhamdulillah, terima kasih bapak atas ilmunya

    ReplyDelete
  131. Alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat untuk saya pak

    ReplyDelete
  132. Alhamdulillah,terimakasih pak atas ilmunya, ilmunya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  133. Materinya sangat mudah dipahami

    ReplyDelete
  134. Allhamdulillah,terimakasih atas ilmu nya semoga kita semua mendapatkan keberkahan al quran aamiin

    ReplyDelete
  135. Alhamdulillah, belajar lebih mengenal ilmu agama, terima kasih atas ilmunya bapak

    ReplyDelete
  136. Muhammad Reza Ariandy
    XIA TJA

    Alhamdulillah, belajar lebih mengenal ilmu agama, terima kasih atas ilmunya bapak

    ReplyDelete
  137. Alhamdulillah, terima kasih pak atas ilmunya, samgat bermanfaat

    ReplyDelete
  138. Alhamdulilah materi yang diberikan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  139. Alhamdulilah ilmu ini sangat bermanfaat bagi kehidupan

    ReplyDelete
  140. Muhammad Najmi
    XI A

    Ahamdulillah materi nya sangat bermanfaat dan membuat saya labih mamahami bagaimana sikap bagi seorang muslim nang benarr...

    ReplyDelete
  141. Alhamdulillah materinya sangat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuann

    ReplyDelete
  142. Alhamdullilah dengan materi ini saya menjadi tau bagaimana menjadi seorang muslim yang baik

    Nur latifah XIB

    ReplyDelete
  143. Alhamdulilah materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  144. alhamdulillah materi yang bapa berikan bermanfaat
    (Amelia Agustin XIB)

    ReplyDelete
  145. Alhamdulillah, materi nya sangat bermanfaat untuk kami, semoga kita semua mengamalkan nya

    ReplyDelete
  146. Alhamdulillah, materinya bermanfaat dan menambah ilmu

    ReplyDelete
  147. alhamdulillah ilmu saya bertambah tentang akan penting nya sikap seorang muslim, terima kasih ustadz

    ReplyDelete
  148. Alhamdulillah,after i read this blog, i understand how to be a good muslim, with the good attitude and I hope everybody who read also learn something like me... thank you so much Mr Hafiz
    @Nadya Melani Putri XIB

    ReplyDelete
  149. @bagasariestiansyah
    Terima Kasih Ustadz atas ilmu tentang materi nya

    ReplyDelete
  150. Alhamdulillah terimakasih materi bapa sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  151. Alhamdulillah, terima kasih ustadz, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  152. Good job materinya sangat bermanfaat (aditya p.s 2b)

    ReplyDelete
  153. Alhamdulillah sangat bermanfaat ustadz
    Danendra Erico R.T

    ReplyDelete
  154. Alhamdullah ustadz ilmu yang di berikan sangat bermanfaat

    @Ethic Nugroho

    ReplyDelete
  155. Alhamdulillah setelah saya membaca materi ini, saya paham bagaimana menjadi seorang muslim yang baik

    ReplyDelete