Wednesday, May 1, 2019

MAKANAN HALAL

PEMBELAJARAN VI
MAKANAN HALAL

A. Muhasabah
Makan dan minum merupakan kebutuhan manusia. Dengan_makan dan minum manusia bisa mempertahankan hidup di dunia ini.
Bahkan, hewan pun mendapatkan karunia Allah SWT berupa makanan dan minuman sehingga bisa berkembang biak.
Manusia dan hewan jelaslah berbeda dalam hal makan dan minum. Hewan tidak punya aturan dalam makan dan minum. Tidak peduli apa yang ia makan, bahkan ada yang makan kotorannya sendiri.
Hal demikian karena hewan tidak punya akal. akan tetapi, manusia adalah makhluk yang berakal tata aturan dalam hal makan dan minum.
Seorang muslim mempunyai pedoman hidup yang mengatur semua aspek kehidupan sampai aturan dalam makan dan minum. Akan tetapi, walaupun ada aturan yang mengatur masih tetap ada yang melanggar. Masih ada di antara kaum muslimin yang makan dan minum dari barang yang haram. Ada juga yang makan dan minum tidak megindahkan adab-adabnya.
Sebagai umat Islam hendaknya kita bertakwa kepada Allah SWT dengan cara mengonsumsi makanan yang halal dan menjauhi makanan haram. Selain itu, makanan halal juga harus baik. Makanan yang baik mempunyai pengaruh yang besar bagi manusia, yaitu berpengaruh terhadap akhlaknya, kehidupannya, hatinya dan jernihnya pandangan, serta diterimanya amal-amal kita. 
Sedangkan makanan yang haram mempunyai dampak buruk bagi manusia. Salah satu dampak yang timbul yaitu tidak dikabulkannya doa. Meskipun hanyalah tidak dikabulkannya doa niscaya hal itu merupakan kerugian yang besar. Karena seorang hamba tidak lepas dari kebutuhan berdoa kepada Allah SWT.

foto ....


B. Qira'ah, Arti Kosakata dan terjemahan ayat
1. QS. Al-Baqarah [2] ayat 168.
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Baqarah&aya=168#kata_2_168_1
2. QS. Al-Maidah [5] ayat 87-88.
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Maidah&aya=87#kata_5_87_1
C. Hukum Bacaan
foto ..

D. Kisah Berhikmah
PEMUDA YANG JUJUR
Seorang pemuda bernama Idris berjalan menyusuri sungai.Tiba-tiba ia melihat buah delima yang hanyut terbawa air. Ia mengambil buah itu dan tanpa pikir panjang langsung memakannya.
Ketika Idris sudah menghabiskan setengah buah delima itu, baru terpikir olehnya, apakah yang dimakannya itu halal? Buah delima yang dimakan itu bukan miliknya. Idris berhenti makan. Ia kemudian berjalan ke arah yang berlawanan dengan aliran sungai, mencari dimana ada pohon delima. Sampailah Ia di bawah pohon delima yang lebat buahnya, persis di pinggir sungai. Dia yakin, buah yang dimakannya jatuh dari pohon ini. Idris lantas mencaritahu siapa pemilik pohon delima itu, dan bertemulah dia dengan sang pemilik, seorang lelaki setengah baya.


Setelah menemui pemiliknya Idris berkata, "Saya telah memakan buah delima anda. Apakah ini halal buat saya? Apakah anda mengihlaskannya? "Orang itu, terdiam sebentar, lalu menatap tajam. Tidak bisa semudah itu. Kamu harus bekerja menjaga dan membersihkan kebun saya selama sebulan tanpa gaji, katanya kepada Idris.
Demi memelihara perutnya dari makanan yang tidak halal, Idris pun langsung menyanggupinya.
Sebulan berlalu begitu saja. Idris kemudian menemui pemilik kebun dan berkata "Tuan, saya sudah menjaga dan membersihkan kebun anda selama sebulan. Apakah tuan sudah menghalalkan delima yang sudah saya makan? "Orang tersebut berkata "Tidak bisa, ada satu syarat lagi. Kamu harus menikahi putri saya yang buta, tuli, bisu dan lumpuh. Idris terdiam. Tapi dia harus memenuhi persyaratan itu. Idris pun dinikahkan dengan gadis yang disebutkan. Pemilik menikahkan sendiri anak gadisnya dengan disaksikan beberapa orang.
Setelah akad nikah berlangsung, tuan pemilik kebun memerintahkan Idris menemui putrinya di kamar. Ternyata, bukan gadis buta, tulis, bisu dan lumpuh yang ditemui, namun seorang gadis cantik yang nyaris sempurna. Namanya Ruqoyyah. 
Sang pemilik kebun tidak rela melepas Idris begitu saja. Seorang pemuda yang jujur dan menjaga diri dari makanan yang tidak halal. Ia ambil Idris sebagai menantu, yang kelak memberinya cucu bernama Syafi'i, seorang ulama besar, guru, dan panutan bagi jutaan kaum muslimin di dunia.

E. Kandungan Ayat
1. QS. Al-Baqarah [2] ayat 168.
Dalam ayat ini Allah SWT, menyerukan kepada umat manusia agar selalu menjaga diri dari barang haram. Mereka hendaknya mencari dan mengonsumsi sesuatu yang halal lagi baik sebagaimana telah diatur syariat lslam. Allah SWT juga memerintahkan umat manusia agar selalu waspada terhadap bujuk rayu  setan yang hendak menjerumuskan mereka ke lembah kesesatan.
Halal secara bahasa artinya  boleh sedangkan secara istilah halal adalah segala sesuatu yang tidak menimbulkan kerugian dunia dan akhirat dan Al1ah memberi wewenang untuk melakukannya. Kehalalan, sesuatu dapat ditinjau dari dua sisi sebagai berikut;
a. Halal secara zat, maksudnya segala yang boleh dikonsumsi yang tidak bertentangan dengan dalil syar'i.
b. Halal secara proses pemerolehan adalah sesuatu yang akan dikonsumsi merupakan hasil dari usaha yang halal.
Makanan yang baik (thayyib) adalah (makanan yang sehat dan memiliki gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kebutuhan pemakan dan tidak berlebihan.

2. QS. Al-Maidah [5] ayat 87-88.
Dalam ayat 87 ini Allah SWT melarang orang-orang beriman mengharamkan apa-apa yang baik yang telah dihalalkan oleh Allah SWT seperti bahirah(unta betina yang telah beranak lima kali dan anak kelima itu jantan) saibah (unta betina yang dibiarkan pergi kemana saja karena suatu nazar), dan wasilah (domba jantan yang dilahirkan secara kembar dengan betina). Dalam ayat-ayat ini Allah juga melarang untuk berperilaku melampaui batas karena perbuatan tersebut tidak disukai oleh Allah SWT.
Setelah mempelajari kandungan Surah A1-Baqarah [2] ayat 168 dan Surah Al-Ma'idah [5] ayat 87-88, selanjutnya ada beberapa hal yang berhubungan dengan kandungan tersebut. Hal-hal tersebut di antaranya sebagai berikut.
F. Penjelasan
1. Pengertian haram dalam mengkonsumsi makanan
Haram secara. bahasa haram berasal dari kata harama yang berarti sama dengan mana'a. Secara istilah haram adalah sesuatu yang secara tegas dilarang oleh Allah untuk dikerjakan dan pula dapat mendatangkan madharat. serta pelakunya diancam siksa di akhirat dan terkadang ditambah dengan adanya sanksi di dunia.
Jika dikaitkan dengan makanan, hukum haram dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

a) Haram lidzatihi, yakni haram secara fisik (haram karena zatnya, memang sudah diharamkan oleh Allah), seperti darah, daging babi, dan khamar. Selain itu, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah saw. ada beberapa kriteria hewan yang haram untuk dimakan, di antaranya hewan buas yang bertaring, hewan yang bercakar, dan berkuku tajam, hewan yang diperintahkan untuk dibunuh, serta hewan yang dilarang untuk dibunuh.
b) Haram lighairihi, yaitu sesuatu yang diharamkan karena suatu sebab yang tidak berhubungan dengan zatnya, melainkan karena prosesnya. Jika prosesnya haram maka hasilnya juga haram. Di antara yang haram disebabkan oleh prosesnya di antaranya al-munhaniqah (hewan yang mati karena tercekik), al-mauqudzah (hewan yang mati karena pukulan keras), al-mutaraddiyah (hewan yang mati karena jatuh dari tempat yang tinggi), an-nathihah hewan yang mati karena ditanduk hewan lain), dan hewan yang disembelih untuk selain Allah.

2. Manfa'at mengonsumsi makanan dan minuman halal
Seseorang yang sudah terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang halal, maka dirinya akan memperoleh manfa'at. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.
a) Terjaga kesehatannya sehingga dapat mempertahankan hidupnya sampai dengan batas yang ditetapkan Allah SWT.
b) Mendapat ridha Allah SWT karena memilih jenis makanan dan minuman
yang halal.
c) Memiliki akhalqul karimah karena telah menaati perintah Allah SWT sekaligus terhindar dari akhlak madzmumah (tercela).
d) Do'anya dikabulkan Allah SWT.
e) Amal ibadahnya akan diterima oleh Allah SWT.
f) Akal cenderung melakukan hal-hal positif.

3. Madharat mengonsumsi makanan dan minuman haram
Makanan yang haram memberikan madharat yang besar bagi manusia. Di antara madharat makanan dan minuman yang haram sebagai berikut.

a) Amal ibadahya tidak akan diterima doanya tidak akan dikabulkan Allah SWT.
b) Makanan dan minuman haram bisa merusak jiwa seperti kecerdasan menurun, cenderung lupa dan melakukan hal-hal yang negatif, senang menyendiri dan melamun, serta semangat kerja berkurang.
c) Makan dan minuman yang haram dapat pembahayakan kesehatan.
d) Makanan dan minuman yang haram  memubadzirkan harta.
e) Menimbulkan permusuhan dan kebencian.
f) Menghalangi mengingat Allah SWT.
g) Akan cenderung melakukan hal-hal negatif.

Pada ayat 88 Allah SWT memerintahkan untuk mengonsumsi apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita selagi dalam keadaan halal lagi baik. Kemudian Allah SWT memerintahkan pula untuk bertakwa kepada-Nya dalam kondisi apa pun. Taatlah dan kerjakanlah apa yang Dia ridhai tanpa melanggar perintah dan mendurhakai-Nya.

G. Khazanah Do'a-Do'a dalam Al-Qur'an
Ada ayat-ayat Al-Qur'an yang dapat dijadikan doa dalam sehari-hari. Doa tersebut di antaranya terdapat pada ayat-ayat berikut.
1. QS. Al-Furqan: 74. 
(Doa Auliya-sholihin untuk anugerah keluarga bahagia)
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا
Artinya: 
"Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa".
2. QS. Al-Kahfi: 10. 
(Doa Ashabul Kahfi untuk memohon petunjuk kemudahan)
رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا
Artinya: wahai tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

3. QS. Al-Mu'minuun: 29. 
(Doa Nabi Nuh a.s memohon tempat diberkahi)
رَبِّيْ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلاً مُبَارَكًاوَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ
Artinya: 
"WahaiTuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat".

4. QS. Asy-Syu'ara: 169. 
(Doa Nabi Luth a.s memohon keselamatan)
رَبِّيْ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ
Artinya: 
"Wahai Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan".

H. Rangkuman
1. Makanan halal adalah makanan yang tidak dilarang oleh Allah SWT dan tidak mengandung kemadharatan baik di dunia maupun di akhirat.
2. Makanan halal terbagi dua, yaitu halal lidzatihi dan halal lighaiihi mendapatkannya.
3. Makanan haram terbagi dua, yaitu haram lidzatihi dan haram lighairihi.
4. Surah Al-Baqarah [2] ayat 168 menjelaskan tentang perintah memakan yang halal dan menjauhi langkah-langkah setan.
5. Surah Al-Ma'idah [5] ayat 87 memerintahkan untuk tidak mengharamkan sesuatu yang dihalalkan Allah swt, dan perintah untuk tidak melampaui batas.
6. Surah Al-Ma'idah [5] ayat 88 menjelaskan tentang perintah mengonsumsi yang halal dan perintah bertakwa kepada Allah SWT.


Sekilas Info:
Sayuran hijau adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi sangat besar. Tahukah Anda zat apa saja yang terkandung dalam sayuran hijau? Ada banyak sekali zat yang terkandung di dalamnya di antaranya sebagai berikut.

1. Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi.
2. Sayuran hiijau mengandung vitamin A, C, dan B, mineral, serta serat.
3. Sayuran hijau mengandung klorofil.
4. Sayuran hijau kaya akan zat besi.

Mulai saat ini mari kita biasakan mengonsumsi sayuran hijau, karena selain banyak manfaatnya sayuran hijau juga mudah didapat. Mari kita mulai hidup sehat.

113 comments:

  1. Nama : Muhammad Yoga Adha Pratama

    Setelah membaca artikel ini, saya menjadi tahu akan pentingnya makanan dan minuman halal

    ReplyDelete
  2. Nama: Rahman Qolbi
    Materinya Menambah ilmu dan memberikan banyak manfaat

    ReplyDelete
  3. Dengan membaca penjelasan di atas, saya jadi tau yang mana yg haram dan yang halal....

    ReplyDelete
  4. Nama :Reyhan Supangkat

    Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya pak, InsyaAllah bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Materi yang di bahas membuat saya lebih mengerti makanan halal dan haram

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, terimakasih atas materi yang diberikan ustad. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman teman
    Nama : Muhammad Rifda Anwar

    ReplyDelete
  7. Terimakasih bapa, banyak materi dan pelajaran yang baru saya dapat mudah mudahan bisa di amalkan di kehidupan sehari hari
    Muhammad.Risdinal.s

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah..

    Nama: Rizki Darmawan

    ReplyDelete
  9. Nama:Prastio Lucky Pamungkas
    Terima kasih ustadz materi ini sangat bermanfaat, jdi sekarang saya mengerti akan makanan yang hala dan juga haram...

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah saya jadi tahu tentang makanan halal terima kasih bapak

    ReplyDelete
  11. Dengan membaca ini semakin menyadarkan saya untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang baik

    Adinda Ayu Puspita Ramadhani

    ReplyDelete
  12. syafa nuha "allhamdulliah belajar tentang makanan halal bertambah ilmu saya dan menjadi lebih tau lagi tentang makanan yg halal dan baik"

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Materinya bermanfaat terima kasih

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah materi ini sangat berguna untuk kita semua,karena kita bisa belajar untuk lebih mendalami ttg makanan haram dan halal

    ReplyDelete
  16. Dengan adanya materi ini alhamdulillah saya mendapatkan tambahan ilmu tentang makanan dan minuman halal

    ReplyDelete
  17. Materinya sangat bermanfaat untuk kita sehari-hari agar tidak salah memilih makanan yg halal dan baik

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. [Putri Nur Khafifah]

    Allhamdulillah, terima kasih pak atas ilmunya. Jadi semakin menyadarkan saya betapa pentingnya memilih makanan yang baik untuk dimakan.

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah materi ini sangat membantu,untuk menambah pengetahuan tentang makanan yang halal

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah materi ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari karena menambah pengetahuan tentang makanan yang halal dan juga yang haram

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah setelah membaca materi ini saya lebih tau tentant makanan dan minuman yang halal

    ReplyDelete
  25. Materinya sangat bermanfaat untuk kita sehari-hari agar tidak salah memilih makanan yg halal dan baik

    @mohammadsendhyekomaulana

    ReplyDelete
  26. Sangat bermanpaat dan sangat membantu

    ReplyDelete
  27. Pembelajarn ini membuat saya memahami mengenai arti halal dan haram

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah materi ini sangas bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  29. @wahyupurnamaXID Alhamdulillah dapet ilmu nya pa

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah. Materi ini sangat bermanfaat karena terkait dengan keperluan hidup,yaitu makanan

    ReplyDelete
  31. @Muhammad Fathurrozi Surya Putra
    Allhamdulillah terimakasih pak hafiz, ilmu ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  32. alhamdulillah materi ini sangat baik untuk menambah pengetahuan tentang makanan yang halal

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah materi ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari karena menambah pengetahuan kita tentang makanan yang dihalalkan dan juga yang makanan yang diharamkan

    ~WahyuPramanaPutra

    ReplyDelete
  34. Membnatu menambah wawasan pembaca dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  35. Sangat bermanfaat dan bisa memahami mana yang halal dan haram.

    Anita Puspita Sari

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah, materi nya sangat bermanfaat di bulan puasa ini

    [Muhammad Irfan Arifbillah T.]

    ReplyDelete
  37. Membantu menambah wawasan pembaca dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  38. muhammad ridho

    materi makanan halal sangat menambah wawasan saya dan juga menyadarkan akan pentingnya makanan halal

    ReplyDelete
  39. muhammad Rifqi fadhilah


    materi makanan halal sangat menambah wawasan saya dan juga menyadarkan akan pentingnya makanan halal

    ReplyDelete
  40. Nama :Rifqi adi mu' ammar

    Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya pak, InsyaAllah bermanfaat

    ReplyDelete
  41. materi yang disampaikan sangat bermanfaat. terimakasih

    ReplyDelete
  42. Ganii

    Alhamdulillah materi ini sangat membantu,untuk menambah pengetahuan tentang makanan yang halal

    ReplyDelete
  43. Nama : Rayhan Pangestu

    Alhamdulillah, setelah belajar materi ini saya mengetahui akan pentingnya makanan dan minuman halal

    ReplyDelete
  44. Materi yang di bahas membuat saya lebih mengerti makanan halal dan haram

    FANDI FADILLAH

    ReplyDelete
  45. Diva Elita xid

    Alhamdulillah, Makasii pa Hafidz, materi ini sangat brmanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  46. Silvy putri mantika

    Alhamdulillah Materi yang di bahas sangat bermanfaat akan penting nya makanan halal dan haram

    ReplyDelete
  47. alhamdulillah materi ini menambah pengetahuan saya tentang makanan yang diharamkan dan di halalkan

    YULIA SAFITRU DEWI

    ReplyDelete
  48. Helda Yanti Aliza Rahman

    Alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan dan dapat menambah pengetahuan tentang makanan halal, terimakasih Bapaaa

    ReplyDelete
  49. Muhammad Najmi (XI A)

    Alhamdulillah materi nya bermanfaat, lebih mengetahui makanan halal dan penting nya memakan yang halal

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Ilmu nya sangat bemanfaat pa
    Elma maulida(XIF)

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah, ilmunya sangat bermanfaat pak, terimakasih bapak.....
    (Aisha Isaura)

    ReplyDelete
  53. Ilmu nya sangat bermanfaat tentang makanan halal dan haram (Nabella Resti )

    ReplyDelete
  54. Alhamdulillah materinya bermanfaat pak, terimakasih pak

    Aisyah Ghina Azzahra

    ReplyDelete
  55. Ilmu nya sangat bermanfaat dan sangat membantu, terimakasih (Aria XIF)

    ReplyDelete
  56. alhamdulillah bapak terima kasih ilmu bermanfaat nya (Naura zahra xiF)

    ReplyDelete
  57. ilmu yang sangat bermanfaat (Andika XIF)

    ReplyDelete
  58. alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat (Dewa Syah XI F)

    ReplyDelete
  59. alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat (Dewa Syah XI F)

    ReplyDelete
  60. Alhamdulilah ilmu nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  61. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih pak

    ReplyDelete
  62. Alhamdulillah, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  63. Terimakasih bapak, ilmu nya sangat bermanfaat (muhammad bangkit xif)

    ReplyDelete
  64. terimakasih ustazd atas ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah, terimakasih materi pembelajarannya ustadz, sangat membantu

    ReplyDelete
  66. Alhamdulillah kita lebih mengetahui lebih dalam pembelajaran tentang makanan
    minuman halal dan haram

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah, terimakasih banyak pak ilmunya, semoga kita bisa mengamalkan

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah, syukron ustad atas ilmunya semoga dengan kita mengetahui makanan halal dan haram, kita bisa lebih berhati hati dalam memilih dan semakin giat beribadah karena insya allah kehalalan membukakan jalan kemudahan.

    ReplyDelete
  69. Alhamdulillah semoga bermanfaat ilmunya dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari"

    ReplyDelete
  70. Alhamdulillah, ilmunya sangat bermanfaat dan membantu
    (Sri Mulyani)

    ReplyDelete
  71. Alhamdulillah, semoga ilmunya bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  72. Alhamdulillah, terimakasih atas materi yang diberikan ustad. Materi ini sangat bermanfaat untuk saya dan teman teman dan semoga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari

    -Yunita

    ReplyDelete
  73. Masyaallah, Tabarakallah ustadz.. ilmunya sangat bermanfaat untuk kami

    ReplyDelete
  74. Alhamdulillah ilmu nya sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  75. alhamdulillah makasih pak atas ilmu yang bermanfaat
    (Amelia Agustin XIB)

    ReplyDelete
  76. Rita Aulia Safitri

    Alhamdulillah materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  77. Alhamdulillah materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  78. alhamdulillah terimakasih bapak atas ilmunya yang diberikan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  79. Alhamdulillah materinya sangat bermanfaat dan menjadi pelajaran di kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  80. Ainul khopijah
    Xib
    Alhamdulillah materi ini sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  81. Alhamdulillah dengan adanya materi makanan halal ini, pengetahuan saya menjadi bertambah. Dan materi ini sangat berguna di kehidupan sehari hari. Terimakasih bapa

    ReplyDelete
  82. Fiola riauna
    Alhamdulilah, setelah mempelajari materi ini semoga saya dan teman-teman dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  83. Alhamdulillah, setelah mempelajari materi ini, semoga kita dapat menerapkan ilmu ini dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  84. Alhamdulillah, setelah mempelajari materi ini, semoga kita dapat menerapkan ilmu ini dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  85. Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya pak, InsyaAllah bermanfaat

    ReplyDelete
  86. Alhamdulillah, setelah belajar materi ini saya mengetahui akan pentingnya makanan dan minuman halal

    ReplyDelete
  87. alhamdulillah setelah belajar tentang makanan dan minuman halal, ilmu saya bertambah, terima kasih ustadz

    ReplyDelete
  88. Alhamdulillah,after i read this blog, i understand wich one is the good one for muslim to consume and I hope everybody who read also learn something like me... thank you so much Mr Hafiz
    @Nadya Melani Putri XIB

    ReplyDelete
  89. Alhamdulillah belajar lebih seruuu pak:)

    ReplyDelete
  90. @bagasariestiansyah
    Alhamdulillah terima kasih ustadz atas ilmu yang anda berikan

    ReplyDelete
  91. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat ustadz, makasih

    ReplyDelete
  92. Alhamdulillah, terima kasih ustadz, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  93. Alhamdulillah sekarang sya bisa membedakan yg mana yg halal dan yg mana yg haram (aditya p.s 2b)

    ReplyDelete
  94. Figa aghani rosyid
    XI B
    Alhamdulillah, terima kasih ustadz, ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  95. Alhamdulillah sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  96. Alhamdulillah ustadz atas ilmu yang telah di berikan sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  97. alhamdulillah, sangat bermanfaat. semoga ilmu yang diberikan dapat berguna dan berkah.

    ReplyDelete
  98. Alhamdulillah setelah saya membaca artikel mengenai makanan halal ini saya semakin paham mengenai mkanan yang boleh kita konsumsi maupun tidak

    ReplyDelete
  99. Tulisannya sangat bermanfaat sekali. Terimakasih

    ReplyDelete
  100. Terimakasih, sangat membantu saya memahami materi halalan thayyiban. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

    ReplyDelete