Sunday, May 5, 2019

KELAPANGAN HATI & MENERAPKAN KANDUNGAN SURAH AL-INSYIRAH

PEMBELAJARAN 7
KELAPANGAN HATI

A. Muhasabah
Selama kehidupan ini masih ada maka ujian dan cobaan tentu juga akan tetap ada dan termasuk ujian hidup adalah semPitnya hati. Pada bab ini akan sedikit membahas perihal bagaimana lslam memandang kelapangan dalam hati manusia.Hali ini nantinya bisa dikaitkan dengan Surah Al-Insyirah dan bagaimana kemudian pengimplementasian atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kunjungan Siswa SMK Telkom Banjarbaru RS. Sarimulia
Kelapangan hati merupakan nikmat tersendiri dari Allah SWT. Orang yang mendapatkan kelapangan hati akan senantiasa tenang dalam hidupnya. Bagaimana tidak? Ketika sebuah musibah menimpanya ia senantiasa bersabar serta mengikhlaskan diri menerima atas apa yang telah menimpanya dan ketika ia bisa untuk berlapang hati. Maka ia akan mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.
Cara untuk mendapatkan lapangnya hati adalah dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengabdi, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap kemampuan/sungguh-sungguh. Artinya adalah penyerahan total dirinya hanya untuk Allah SWT sehingga dengan dekatnya antara hamba dengan Tuhannya maka segala bentuk kesempitan berupa permasalahan hidup akan dengan mudah dihadapi dan diselesaikan dengan hati yang tenang. Mengapa demikian?

Hal itu karena ia tidak takut dan ia yakin bahwa Allah akan senantiasa menolong hamba-hamba-Nya yang dekat dengan-Nya. Pertanyaannya adalah sudahkah kita memiliki kelapangan hati?

B. Uswatun Hasanah
Ada banyak sekali kisah-kisah yang dapat dijadikan sebagai teladan terutama kisah-kisah para nabi dan rasul yang terdapat di dalam Al-Qur'an maupun riwayat-riwayat lainnya.
Sebagai salah satu contoh adalah keluhuran akhlaq Rasulullah saw. dalam kehidupan beliau sehari-hari. Ketika kaum kafir Quraisy menentang, mencaci, menzhalimi, menyakiti Rasulullah saw. beserta kaum muslimin lainnya dan bahkan bahkan ada yang mati hannya karena mereka meninggikan kalimat "ahad" yaitu Laa ilaha illallah Muhammadan Rasulullah".  Meskipun demikian. Rasulullah saw beserta kaum muslimin tidak pernah membalas segala tindak kaum Quraisy maupun kaum lainnya yang menentang dakwah Rasulullah saw.
Tentang kelapangan hati ini juga pernah dialami oleh Nabi Musa a.s ketika beliau mendapat perintah untuk mengajak Fir'aun kepada jalan kebenaran. Agar memiliki kelapangan hati tersebut kemudian beliau berdoa, doanya tersebut tertuang dalam Al-Qur'an Surah Thaha ayat 25-28 berikut.
link ...

C. QS. Al-Insyirah dan Terjemahan
link ...


SEKILAS INFO:
Al-lnsyirah berarti kelapangan dada. Kelapangan dada harus dimiliki oleh setiap umat lslam' Kelapangan dada dapat diterapkan dalam beribadah karena hakikat ibadah adalah ketundukan, kepatuhan, dan kecintaan sempurna kepada Allah swt. 
Secara bentuknya ibadah dibagi menjadi lima, yaitu sebagai berikut.
1. lbadah qauliyah seperti membaca Al-Qur'an, berdoa, dan berzikir.
2. lbadah jismiah seperti berpuasa dan menolong orang lain.
3. lbadah maliyah seperti zakat, infaq, dan sedekah.
4. lbadah qauliyah wa jismiah seperti salat.
5. lbadah qauliyah, jismiah, dan maliyah seperti melaksanakan ibadah haji

D. Hukum Bacaan
Beberapa bacaan tajwid yang terkandung pada Surah Al-Insyirah sebagai berikut.
foto ...

E. Kandungan Ayat
Ayat di atas memberikan faedah kepada kita bahwa segala sesuatu yang memberatkan nantinya pasti ada jalan keluarnya asal seseorang dapat menerima beratnya sebuah beban yang menimpa.

Allah SWT telah memberikan kelapangan hati dengan cahaya Islam setelah adanya kesempitan dalam hati Rasulullah saw. sebagaimana Allah SWT. melapangkan dada beliau, maka Dia pun menjadikan syariat-Nya demikian lapang dan luas, penuh toleransi dan kemudahan, tidak mengundang kesulitan, beban, serta kesempitan Allah swt juga meninggikan beliau dengan keluhuran akhlak yang ada pada beliau. ittuf, SWTmeninggikan posisi dan kedudukan beliau di dunia dan akhirat.

Adapun misi dakwah yang beliau emban beserta penghinaan oleh kaum musyrikin terhadap kaum mu'minin itulah yang menyebabkan turunnya ayat 5 dan 6. Bahwa setelah adanya kesulitan tentu Allah SWT akan benar-benar memberikan kemudahan bagi beliau.
Hal ini bisa juga menyangkut kehidupan keseharian kita. Tentu di balik sebuah kesulitan ada sebuah kemudahan. Allah SWT telah berjanji bagi siapa saja yang bertaqwa kepada-Nya dengan sebenar-benarnya takwa yaitu dengan beriman kepada-Nya dan juga kepada hari akhir, kemudian ia takut dan melakukan apa yang diperintahkan kepadanya serta meninggalkan apa saja yang telah dilarang, tentu Dia akan memberikan jalan keluarnya dari segala kesempitan hati yang selalu menghantuinya dan segala bentuk kesempitan hidupnya sebagaimana firman-Nya berikut. QS. Ath-Thalaq: 2.
Kemudian ketika seseorang telah menyelesaikan tugas ataupun pekerjaannya, dan bersungguh-sungguh dalam melakukan ibadah maka hendaknya ia bersegera Karena urusan ibadah adalah urusan yang tidak bisa ditunda-tunda apalagi ditinggalkan.
Karena merupakan sebuah kerugian besar ketika seseorang melalaikan ibadah bahkan melupakan Allah SWT. Sebab, jika seseorang lalai kepada Allah SWT, maka Allah pun nantinya akan melalaikan bahkan melupakan dirinya di dunia maupun akhirat kelak.
Siapa lagi yang dapat diharapkan untuk memberikan pertolongan dari segala bentuk tipu daya dan berbagai macam bentuk fitnah serta ujian hidup selain Allah SWT?
Maka hanya kepada-Nya lah seharusnya seorang hamba berharap dan takut. Berharap agar selalu diberikan kemudahan di dalam segala urusan dunia dan akhirat serta takut akan siksa dan murka-NYa. 

F. Khazanah Doa-Doa dalam Al-Qur'an
Ada ayat-ayat Al-Qur'an yang dapat dijadikan doa dalam sehari-hari. 
Doa tersebut di antaranya terdapat pada ayat-ayat berikut.
1. Surah Al-Furqan ayat 74 (Doa Auliya-Shalihin untuk anugerah keluarga bahagia)
2. Surah Al-Kahfi ayat 10 (Doa Ashabul Kahfi untuk memohon petunjuk- Kemudahan)
3. Surah Al-Mu'minuun ayat 29 (Doa Nabi Nuh a.s. memohon tempat diberkahi) 
4. Surah Asy-Syu'ara ayat 169 (Doa Nabi Luth a.s. memohon keselamatan)

G. Kisah Berhikmah
 
Pedagang yang Jujur
lmam Hanafi merupakan seorang pedagang kain dan bahan pakaian. la selalu berkata lembut dan ramah serta perkataannya mengandung nasihat, pelajaran, dan hikmah sehingga disukai oleh semua orang.

Usahanya berkembang pesat karena kejujuran dalam usahanya. la tidak yakin terhadap keuntungan yang berlebihan. la tidak pernah berkenan mendapatkan uang dengan cara yang tidak sah dan tidak jujur. Selain itu, ia juga sangat dipercaya oleh semua orang. Bahkan, orang yang bukan muslim pun memercayakan hartanya ditangan beliau.
Pada suatu hari ia mengirim beberapa potong bahan kain kepada seseorang bernama Hafs bin Abdurrahman. la berpesan bahwa beberapa dari potongan itu ada yang rusak dan langganan harus diberitahu tentang hal itu. Hafs lupa melakukan itu dan menjual semua potongan tersebut. Hal ini sangat menggusarkan hati lmam Hanafi.
Untuk memperbaiki kekhilafan itu, ia memberi sebesar 30.000 dirham sebagai sumbangan kemanusiaan.
lmam Hanafi merupakan seorang hartawan yang bijak. Beliau suka menolong orang yang kesusahan dan menderita kekurangan. la tidak tamak dan menumpuk kekayaan. Beliau sering mendermakan hartanya bagi orang yang miskin dan menderita.
Pada suatu hari seorang wanita mengantarkan kepadanya sepotong haz (kain tenunan yang mahal) untuk dijual. Wanita itu menghargai barang tersebut 1.000 dirham.
Sebagai pedagang, lmam Hanafi tidak berpiklr mendapatkan untung dengan membeli kerugian dari wanita itu. Wanita itu sangat terkejut ketika lmam Hanafi membayarnya.

Rangkuman:
1. Setiap permasalahan tentu memiliki jalan keluar dan solusi. Maka hendaknya setiap manusia ketika ia mempunyai pennasalahan dalarn hidup, hanya meminta pertolongan kepada Allah SWT.
2. lbadah merupakan salah satu tujuan diciptakannya manusia. Maka hendaknya manusia bersungguh-sungguh dalam beribadah dan tidak disilaukan oleh kehidupan dunia.
3. Segala bentuk pengharapan hanya ditujukan kepada Allah SWT semata. Sebab jika seseorang berharap lebih pada manusia tentu suatu saat ia akan dibuat kecewa olehnya.

Glosarium:
Beban: barang yang dibawa (dipikul, dijunjung, dan sebagainya); sesuatu yang berat
Bertakwa: terpeliharanya diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah
Kelapangan: kelonggaran
Solusi: penyelesaian; pemecahan; jalan keluar




PEMBELAJARAN 8

MENERAPKAN KANDUNGAN SURAH AL-INSYIRAH


Nama Surah al-Insyirah atau as-Syarh artinya melapangkan. Surah yang ke 94, terdiri dari 8 ayat, tergolong Surah Makkiyah; yaitu yang di turunkan di kota Mekkah, urutan turun wahyu yang ke 12.

PERILAKU PENGAMALAN 
SURAH AL-INSYIRAH

Surah Al-Insyirah mengandung banyak nilai-nilai terpuji. Mempelajari Surah A1-Insyirah memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. Bacalah Surah Al-Insyirah dan artinya secara berulang-ulang agar Anda lebih mengetahui nilai-nilai terpuji yang dapat Anda terapkan pada perilaku dalam keseharian.

Penerapan Surah Al-Insyirah telah dicontohkan Allah SWT dalam melapangkan dada beliau dengan menjadikan Islam sebagai syariat-Nya secara lapang dan luas, penuh toleransi dan kemudahan, tidak mengundang kesulitan, beban, dan kesempitan. Selain itu' Allah SWT juga mencontohkan keluhuran akhlaq yang ada pada beliau. Salah satu contohnya terdapat pada Surah Al-Insyirah ayat 5-6. Dua ayat tersebut menjelaskan bahwa setelah adanya kesulitan tentu Allah SWT akan benar-benar memberikan kemudahan bagi beliau. Hal itu menunjukkan bahwa meskipun Allah SWT menguji hamba-Nya dengan kesulitan tetapi dengan kelapangan hati-Nya Allah SWT akan memberikan jalan keluar, mereka yang mau berusaha memecahkan kesulitan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai cobaan dan kesulitan, tentu di balik sebuah kesulitan ada kemudahan. Allah SWT akan memberikan jalan keluar. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT pada Surah Ath-Thalaq: 2. sebagai berikut.
Setelah mempelajari Surah Al-Insyirah, ada beberapa perilaku yang dapat. Anda amalkan atau terapkan dalam keseharian. contoh perilaku penerapan Surah Al-Insyirah adalah sebagai berikut.
1. Memaafkan kesalahan orang lain.
2. Meminta maaf kepada orang lain atas kesalahan yang telah diperbuat.
3. Senantiasa berdoa kepada Allah SWT dengan meminta ampunan (husnudzan) kepada diri sendiri dan orang.
4. Menciptakan perilaku berbaik sangka lain.
5. Berbicara sesuai dengan kenyataan.
6. Gemar melakukan evaluasi diri.
7 . Menjalani hidup dengan penuh rasa sabar.
8. Ikhlas dalam segala hal.

Rangkuman
1. Setiap permasalahan tentu memiliki jalan keluar dan solusi. Maka hendaknya setiap manusia ketika ia mempunyai permasalahan dalam dalam hidup, segeralah meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT.
2. Ibadah merupakan salah satu tujuan diciptakannya manusia. Maka hendaknya manusia bersungguh-sungguh dalam beribadah dan tidak disilaukan oleh kehidupan dunia.
3. Segala bentuk pengharapan hanya ditunjukan kepada Allah SWT semata. sebab jika seseorang berharap lebih pada manusia, tentu suatu saat ia akan dibuat kecewa olehnya.


Glosarium
Musyrikin: orang-orang yang menyekutukan (menyerikatkan) 
Allah SWT; orang-orang yang memuja berhala.
Syariat: hukum agama yang menetapkan peraturan hidup manusia, hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitar.
Toleransi: sifat atau sikap toleran; penyimpangan yang 
masih dapat diterima dalam pengukuran kerja.
Zalim: bengis; tidak menaruh belas kasihan; tidak adil; kejam.

KHAZANAH DOA-DOA DALAM AL-QUR'AN
1. Doa Nabi Luth a.s Memohon Sabar dan Kuat Pendirian [QS. Al-Baqarah: 250]
2. Doa memohon ampunan dari siksa neraka [QS. Ali Imran: 16]
3. Doa memohon ampunan Allah SWT [Al-Baqarah: 285]
4. Doa Nabi Zakaria a.s. memohon keturunan yang shaleh [QS. Ali Imran: 38]
5. Doa memohon agar dijauhkan dari siksa neraka [Ali Imran: 191]
6. Doa memohon ampunan dari segala dosa [Ali Imran: 193]
Uji Kompetensi

1. Jelaskan kandungan Surah Al-Insyirah ayat 1-8!

2. Tuliskan lafal Surah Al-Insyirah ayat 1-3!

3. Tuliskan arti Surah At-Insyirah ayat 5-6! Jelaskan!

4. Tuliskan dua contoh penerapan Surah Al-Insyirah dalam keseharian!

5. Jelaskan dua manfaat berlapang dada terhadap orang lain!

###
Sekian Terimakasih
Semoga Bermanfa'at

79 comments:

  1. Alhamdulillah setelah membaca ini ilmu saya menjadi bertambah dan bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari", terima kasih

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terimakasih atas materi yang diberikan ustad. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman teman
    Nama : Muhammad Rifda Anwar

    ReplyDelete
  3. Terimakasih bapa, banyak materi baru yang saya dapat , semoga bisa saya amalkan di kehidupan sehari hari

    Muhammad.Risdinal.Sanggaria

    ReplyDelete
  4. Materinya bagus ,bisa menambahkan ilmu dan menjadi lebih baik kedepannya

    ReplyDelete
  5. Nama:Prastio Lucky Pamungkas
    Terima kasih ustadz atas materinya semoga ustadz selalu dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, semoga bermanfaat buat kita semua..

    Nama: Rizki Darmawan

    ReplyDelete
  7. Nama :Reyhan Supangkat

    Alhamdulillah terimakasih pak atas ilmunya, semoga bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah saya jadi mengerti dan materi ini sangat lengkap

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, materinya sangat berguna untuk saya

    ReplyDelete
  10. Terima kasih untuk materinya, semoga saya kami bisa mengamalkannya dengan baik

    Adinda Ayu Puspita Ramadhani

    ReplyDelete
  11. allhamdulillah ilmu saya bertambah tentang materi ini dan lebih paham lgi

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah saya jadi mengerti dan materi ini sangat lengkap

    ReplyDelete
  13. Muhammad Fasya Arrafi
    Alhamdulillah menambah ilmu dan wawasan terimakasih atas materinya semoga bisa mengamalkannya dikehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  14. Nama : Rian Habibie
    Terimakasih atas materinya

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah setelah saya membaca materinya, saya mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru

    Muhammad Rayhan Kurniawan

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, blog ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas dan belajar, terima kasih kepada penulis , teruslah berkarya dan semoga bermanfaat bagi yang lain juga aamiin

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah, blog ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas dan belajar, terima kasih kepada penulis , teruslah berkarya dan semoga bermanfaat bagi yang lain juga aamiin.
    (Nadya Melani Putri XIB)

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah setelah saya Membaca materinya saya mendapatkan wawasan baru terimakasih atas materinya

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mendapatkan ilmu

    ReplyDelete
  20. Nama: Ainul Khopijah
    Kelas : XIB TJA

    Alhamdulillah berkat meteri ini saya menjadi lebih banyak pengetahuan dan semoga materi yang bapak berikan bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah mendapatkan banyak ilmu

    Danendra Erico R.T

    ReplyDelete
  22. Figa aghani rosyid
    Alhamdullilah...
    Dengan materi ini saya menjadi bnyak tahu tentang kelapangan hati

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah dengan adanya materi ini saya bisa menambah ilmu tentang bersabar dalam menghadapi masalah
    (Amelia Agustin XI-B TJA)

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah dengan adanya materi ini saya bisa lebih mengetahui tentang menghadapi suatu masalah dengan bersabar
    selvia anggraini xi b

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah dengan materi ini saya lebih mengerti tentang kelapangan hati

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah, materinya sangat bermanfaat
    -Rita aulia safitri
    -IX B

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah dengan adanya materi tentang kelapangan hati & menerapkan kandungan surah al insyirah ini, ilmu yang saya dapatkan menjadi lebih bertambah dan semoga materi yang bapak sampaikan menjadi manfaat aamin.

    Rizkia afifah
    XI B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sangat bermanfaat

      Muhammad fajar muharram
      XI B

      Delete
  28. Alhamdulillah mudah di pahami dan di pelajari tentang kelapangan hati (aditya 2b)

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah saya telah mendapatkan wawasan baru

    M.Rafiki

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah saya telah mendapatkan ilmu yang luar biasa insya allah berkah (Adha)

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah dengan mempelajari materi ini saya telah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan insyaallah berkah

    -Ethic Nugroho

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu yg lebih bnyk lagi.
    (Thoriq)

    ReplyDelete
  33. Viatun Wadur Atammaani
    Alhamdulillah dg adanya materi ini ilmu saya bertambah in shaa Allah menjadi berkah

    ReplyDelete
  34. Ranya Fauzi Fadhol Bawazir
    alhamdulillah setelah membaca materi ilmu saya bertambah, terima kasih ustadz..

    ReplyDelete
  35. Fiola riauna
    Alhamdulilah setelah saya mempelajari materi ini, semoga saya berserta teman-teman dapat menerapkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah bermanfaatnya

    Muhammad Adznan Maulana
    XI E

    ReplyDelete
  37. @Muhammad Fathurrozi Surya Putra
    Allhamdulillah, mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai kelapangan hati

    ReplyDelete
  38. Diva Elita xid

    Alhamdulillah, materi ini sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  39. Silvy putri mantika

    Alhamdulillah materi yang di bahas sangat bermanfaat,menambah wawasan mengenai kelapangan hati

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Rury Faradita

    Alhamdulillah, setelah membaca artikel ini, saya mendapatkan ilmu yg sangat bermanfaat👍👍

    ReplyDelete
  42. Muhammad Fauzan Raihan

    Alhamdulillah,ilmu ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah, ilmunya bermanfaat pak
    (Aisha Isaura)

    ReplyDelete
  44. Terimakasih pa ilmunya sangat bermanfaat
    (Elma maulida)

    ReplyDelete
  45. Ilmu nya sangat bermanfaat dan sangat membantu terimakasih (Aria XIF)

    ReplyDelete
  46. ilmu yang sangat bermanfaat (Andika XIF)

    ReplyDelete
  47. terima kasih bapak ilmu bermanfaat nyaa (naura zahra xif)

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah terima kasih pak materinya sangat berguna

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah Ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  50. Alhamdulilah ilmu nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  51. alhamulillah ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih pak

    ReplyDelete
  52. Muhammad Najmi (XI A)

    Terima kasih untuk materinya Pak, menambah ilmu dan pengetahuan saya mengenai kelapangan hati.

    ReplyDelete
  53. Alhamdulillah ilmunya bermanfaat, terimakasih pak

    ReplyDelete
  54. Alhamdulillah, terimakasih ilmu nya bapak, sangat beramanfaat

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. alhamdulliah, terimakasih atas ilmu yang bermanfaat uztadz, semoga kita diberikan kelapangan hati dan bisa mengamalkan dalam bersegera melakukan ibadah. aamin

    ReplyDelete
  57. Alhamdulillah, materi ini sangat membantu dan membantu kita untuk belajar lebih lapang dada

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah, terimakasih pak ilmunya, semoga kita di berikan hati yang lapang dan selalu bersyukur pada-Nya

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah, semoga kita paham dan Allah terus melapangkan hati hati orang beriman dalam melakukan ibadah dan takwa. Insya allah ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  60. Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat ini semoga kita bisa mengamalkannya
    (Sri Mulyani)

    ReplyDelete
  61. Alhamdulillah ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  62. Rayhan pangestu

    Alhamdulillah, materi ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan saya

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  64. (Muhammad Abdul Gais)
    Semoga apa yang saya baca di atas tadi bisa saya amalkan di manapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  65. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad

    ReplyDelete
  66. Materi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sekarang dan selamanya. Dengan lapang dada kita tidak menyalahkan siapapun atas segala sesuatu yang terjadi. Terimakasih pak
    (Luthfi Zahran)

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah, ilmunya sangat bermanfaat pak, semoga kita di berikan hati yang lapang dan selalu bersyukur kepada-Nya. jazakallah pak ustadz

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya pak, InsyaAllah bermanfaat

    ReplyDelete
  69. Alhamdulillah ilmu yg sangat bermanfaat pak

    ReplyDelete
  70. @bagasariestiansyah
    Terimakasih ustadz atas materi dan ilmunya

    ReplyDelete
  71. Alhamdulilllah mendapat kan ilmu yg baru makasih ustadz

    ReplyDelete
  72. Zubair Adham
    Alhamdulillah, terimakasih pak ilmunya, semoga kita di berikan hati yang lapang dan selalu bersyukur pada-Nya

    ReplyDelete
  73. alhamdulillah, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat, berkah dan dapat diterapkan dalam masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  74. Alhamdulillah terimakasih ilmunya ustad dengan ini saya semakin yakin harus belajar bersikap lapang dada disaat mengalami musibah

    ReplyDelete