Wednesday, May 15, 2019

Menciptakan Perdamaian (Islah)

Pembelajaran IX
Menciptakan Perdamaian (Islah)

A. Pengertian Islah
Islah adalah usaha untuk memperbaiki hubungan antara manusia yang bersengketa  (perdamaian). 
Menurut Prof. T.M. Hasbi As-Shiddiqy, pengertian islah yaitu mengulurkan tali yang kuat dan kukuh antara manusia, teristimewa antara mereka yang timbul di antaranya persengketaan, baik mengenai urusan darah (jiwa) maupun urusan harta, dan kehormatan ataupun urusan politik dan taktik perjuangan.
Allah SWT memberikan petunjuk pelaksanaan islah melalui firman-Nya berikut.
http://quran.ypip.org/?mod=quran.murotal.show&ganti_sura=1&sura_name=Al%20Hujuraat&aya=9#kata_49_9_1

B. Pengertian Persatuan
Persatuan ialah ikatan yang terjadi antara dua orang lebih yang mereka melakukan yang tidak sama dalam hal terjadinya peristiwa tertentu. Bila seseorang suatu bangsa maka rakyatnya akan bersatu membela bangsanya.
Dari penjelasan ayat di atas diperoleh kesimpulan bahwa usaha umat Islam terutama para pemukan (ulama/hakim/pejabat) supaya memperbaiki hubungan antara seseorang dengan seseorang yang lain atau kelompok, golongan dengan golongan atau dengan seseorang secara nyata, jangan membiarkan persengketaan atau perselisihan itu berlarut-larut. Para umat tidak boleh berdiam diri asal badan sendiri selamat, kita mesti berbuat, berusaha menghilangkan persengketaan, dan menghidupkan tali persaudaraan atara orang-orang yang bersengketa itu.
Penyerahan Dana Sosial
Setiap muslim wajib berusaha membangun kukuhnya persatuan dan kesatuan demi tegaknya agama, masyarakat, bangsa dan negara. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan kesejahteraan bersama dengan cara yang bijaksana dan seadil-adiinya menurut ketentuan Allah SWT. Agama Islam adalah agama yang sempurna ajaran-ajarannya, bukan hanya membimbing manusia mengenal Tuhan dan tata cara beribadah kepadanya, tetapi juga memberi petunjuk tentang cara menyusun suatu masyarakat agar tiap-tiap anggotanya dapat hidup rukun, aman dan nyaman, yakni masing-masing hendaklah bertakwa Allah melarang kita saling membelakangi, suka mencari kesalahan orang lain, hasud, iri dan dengki lebih-lebih berbuat aniaya yang dapat menimbulkan perselisihan antarasesama.

حديث أنس قال: قال رسول الله ﷺ: انصر أخاك ظالمًا أو مظلومًا، فقال رجل: يا رسول الله، أنصره إذا كان مظلومًا، أفرأيت إذا كان ظالمًا كيف أنصره؟ قال: تحجزه أو تمنعه من الظلم فإن ذلك نصره، رواه البخاري.

Sahabat Anas bin Malik r.a. meriwayatkan sebuah hadis yang artinya: Tolonglah saudaramu dalam keadaan menganiaya atau dianiaya. Saya bertanya. Wahai Rasululah, yang ini saya menolongnya karena teraniaya. Bagaimana caranya menolong yang zalim? Engkau harus melarangnya/mencegahnya dari kezoliman itulah cara menolongnya.

Hadis tersebut memberi penjelasan bahwa menjaga persatuan dan kesatuan itu mutlak diperlukan. Terjadinya perbedaan pendapat, baik perorangan maupun kelompok adalah hal yang wajar, karena setiap pribadi memang dianugrahi oleh Allah SWT kemampuan berkreasi dan penalaran yang berbeda-beda. Lebih-lebih para anak muda yang sedang mencari jati dirinya, persaingan antarindividu atau kelompok sulit dihindari sehingga tidak jarang berakhir dengan baku hantam. Dengan kondisi yang demikian, hendaklah segera dibentuk juru damai, baik dari guru maupun pemuka masyarakat agar masalah yang timbul tidak berlarut-larut. Perlu disadari bahwa mereka yang terlibat perselisihan pada umumnya adalah teman kita sendiri, masih sebangsa dan sering pula malah seiman. Maka penyelesaian dengan jalan kekerasan, jelas hanya akan merugikan diri dan bangsa kita sendiri.


Selanjutnya, dalam usaha memperjuangkan kebajikan dan amal. janganlah merasa bahwa diri dan kelompoknyalah yang pantas memperoleh bagian dan fasilitas yang lebih dari yang lain. Sikap demikian sangat berbahaya jika bersemayam dalam dada seorang muslim, karena dapat merusak keikhlasan beramal. Hal yang demikian pernah menghinggapi sebagian sahabat nabi seusai perang Badar, kemudian oleh Allah dengan firman-Nya yaitu:

Ayat di atas memberi dorongan kepada kaum muslimin agar siap memikul tanggung jawab berat melaksanakan dakwah islamiyah secara terpadu saling melengkapi sesuai dengan kemampuan disiplin ilmu yang dikuasainya. Dengan begitu hal-hal yang menyebabkan terjadinya persengketaan hendaknya dihindari. Unsur penting perekat persatuan dan kesatuan umat ialah takwa, memperbaiki hubungan sesama muslim, tolong-menolong, bantu-membantu dengan menaati Allah dan rasul-Nya dalam setiap keadaan.

C. Macam-macam islah
Para ulama membagi perdamaian yang terjadi antara dua golongan yang bersengketa menjadi lima macam. Berikut uraian tentang macam-macam perdamaian menurut para ulama.

1. Perdamaian yang Dilaksanakan antara orang Muslim dengan Orang Kafir
Islah atau persaudraan semacam dicontohkan oleh Rasulullah saw. pada tahun 6 H. Beliau beserta sahabat bermaksud melaksanakan umrah tetapi sesampainya di Hubaidah beliau mendengar bahwa orang-orang kafir Quraisy bermaksud menghalangi niat umrah tersebut. Maka diutuslah Usman bin Affan r'a' untuk melakukan perundingan dengan para pemuka Quraisy' Namun, setelah ditunggu beberapa lama Usman r.a. tidak juga muncul, bahkan terbetik berita bahwa Usman ra. dibunuh.  Maka para sahabat melakukan sumpah setia untuk mempertahankan Islam hingga titik darah penghabisan yang dikenal dengan "Baitur Ridwan". Mendengar berita tersebut para pemimpin Quraisy khawatir akan keberanian tentara muslim itu maka mereka mengutus Suhail bin Amar mengadakan perjanjian damai yang dikenal dengan "Perjanjian Hudaibiyah". Berikut isi Perjanjian Hudaibiyah.
a. Pasukan islam saat itu harus kembali ke Madinah, dan pada tahun berikutnya
umrah. Pelaksanaan umrah tersebut tidak boleh lebih dari tiga hari.

b. Bersedia untuk tidak saling menyerang selama 10 tahun.
c. Bila ada orang Madinah berpihak kepada penduduk Mekkah supaya diizinkan, sebaliknya jika penduduk Mekkah condong  ke Madinah hendaknya ditolak.

2. Perdamaian anta ra Penguasa den gan Pemberontak
Jika suatu negara terjadi pemberontakan, hendaklah segera dipadamkan agar negara dapat melanjutkan pembangunan. NaTnun sering terjadi bahwa pemberontak kekuatannya cukup handal, maka untuk tidak berlarut-larut dalam
suasana perang perlu ditempuh jalan damai secara adil dan bijaksana antara kedua belah pihak demi kesejahteraan masyarakat dan warga negara itu. 


3. Perdamaian antara Suami dan lstri 
Hubungan antara suami dan istri kadang-kadang diwarnai silang pendapat antara keduanya. Masing-masing pihak merasa paling benar, tidak ada yang mau mengalah. Akibatnya yang sering terjadi adalah suami membiarkan istrinya
terkatung-katung nasibnya dan tidak diberi nafkah. Maka dalam rangka menjaga keutuhan rumah tangganya seorang istri boleh membuat perdamaian, misalnya si istri tidak menuntut nafkah selama ditinggalkan dan sebagainya, sehingga keduanya dapat rukun kembali. Dan perdamaian itu hendaklah melibatkan juru damai dari kedua belah pihak (seorang dari pihak suami dan seorang dari pihak istri) agar dikemudian hari peristiwa itu tidak terjadi lagi.

4. Perdamaian antara Dua Orang yang Terlibat Piutang
Bila dua orang yang terlibat utang piutang cenderung terjadi saling gugat menggugat, hendaklah kita berusaha mendamaikan. Sebagai contoh, Rasulullah saw. pernah mendamaikan Ka'ab Bin Malik yang berutang kepada Ibnu Abie Hadrad dengan cara membayar setengah dulu dari utangnya. Kekurangannya akan dirundingkan di kemudian hari. Apabila masalah utang-piutang harus berakhir harus selesai di ruang pengadilan bukan tidak mungkin justru yang menang bagai arang yang kalah jadi abu karena masing-masing menginginkan perkara itu, sehingga tambah pengeluaran belanja.
5. Perdamaian antara Pembunuh dengan wali yang Terbunuh agar Bersedia Menerima diyat.

Seseorang yang membunuh orang lain tanpa sebab syar'i, wajib dikenai hukum qishas, yaitu dia harus ganti dibunuh. Namun jika mungkin wali dari si terbunuh diminta berdamai dengan imbalan ganti rugi (diyat) lebih banyak dari yang semestinya agar si pembunuh tidak dikenai hukum qishas tersebut.

Info :
Cara-Cara Melakukan Islah (Perdamaian)
Segala cara dan usaha boleh dilakukan untuk mewujudkan perdamaian, sepanjang langkah yang ditempuh itu tidak dimaksudkan untuk menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: 
"Perdamaian itu dilaksanakan antara para kaum muslimin untuk menghasilkan perdamaian, kecuali perdamian yang menghalalkan yang Allah haramkan dan mengharamkan yang Allah halalkan". (H.R. At-Tarmidzi)

D. Hikmah Islah (Perdamaian)
Islah dalam Islam memberi beberapa manfaat dan hikmah bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa hikmah yang terkandung dalam islah (perdamaian).
1. Mengembalikan kerukunan yang semula bersengketa
2. Hilangnya akar pemusuhan/perselisihan berganti dengan tali persaudaraan (islah)
3. Menghindarkan terjadinya pertumpahan darah.
4. Menghemat anggaran belanja.
5. Menjauhkan dari pengingkaran terhadap kebenaran.
6. Menjauhukan rasa permusuhan dan dendam antar sesama.
7. Menyalurkan pikiran-pikiran positif kearah yang bermanfaat.
8. Mendekatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Pengayaan:
Khazanah Doa-Doa dalam Al-Qur'an
1. Doa Nabi Muhammad saw. untuk Selalu Bersyukur
(QS. Al-Ahqaf/46: 15)
2. Doa Nabi Muhammad saw. untuk kemudahan dalam ibadah
(QS. Al-Isra/17: 80)
3. Doa para sahabat Nabi saw. untuk kesempurnaan agama
(QS. At-Tahrim/66: 8)
4. Doa para auliya shalihin memohon ampun
(Q.S. Ali Imran/3: 16)
5. Doa para auliya shalihin memohon pertolongan
(QS. Ali Imran/3: 147)

Rangkuman:
1. Islah adalah usaha untuk memperbaiki hubungan di antara manusia yang bersengketa (perdamian)
2. Persatuan ialah ikatan yang terjadi antara dua orang lebih yang mereka melakukan tidak yang sama dalam hal terjadinya peristiwa tertentu.
3. Para ulama membagi perdamaian yang terjadi antara dua golongan yang bersengketa menjadi lima macam. 
Berikut uraian tentang macam-macam perdamaian menurut para ulama.
a. Perdamaian yang dilaksanakan antara orang muslim dengan orang kafir.
b. Perdamaian antara penguasa dengan pemberontak.
c. Perdamaian antara suami dan istri.
d. Perdamaian anatara dua orang yang terlibat piutang.
e. Perdamaian antara pembunuh dengan wali yang terbunuh agar bersedia
menerima diyat.


Glosarium:
diyat : denda; uang tebusan
qishas: hukuman; sanksi; pinalti; ganti rugi
syar'i: sesuai dengan hukum Islam; berkenaan dengan keabsahan; 
sah menurut hukum Islam

###
Semoga bemanfa'at

76 comments:

  1. Alhamdulillah, terimakasih atas materi yang diberikan ustad. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman teman
    Nama : Muhammad Rifda Anwar

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi saya dan semua yang membaca artikel ini...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk materinya pak, semoga saya dan semuanya bisa mengamalkannya dengan baik

    ReplyDelete
  4. Terimakasih pak materinya, dengan ini saya mampu memahaminya dengan baik dan benar

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. allahumma sholli ala sayyidina muhammad

    ReplyDelete
  7. Terima Kasih Untuk Materinya , Saya jadi lebih memahami materi tersebut

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah bermanfaat
    mnoorhafizi

    ReplyDelete
  9. Terima kasih by Mochammad Alifian Rahman xic tkj

    ReplyDelete
  10. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad

    ReplyDelete
  11. allahumma sholli ala sayyidina muhammad "syafa nuha"

    ReplyDelete
  12. Allahumma Sholli a sayyidina muhammad

    ReplyDelete
  13. (Muhammad Abdul Gais)
    Semoga apa di anjarkan ustad dapat saya amalkan di manapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  14. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad

    ReplyDelete
  15. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahuma shalli ala sayyidina muhammad wa'ala a'li sayyidina muhammad

      Muhammad Risdinal Sanggaria
      XI C

      Delete
  16. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad

    ReplyDelete
  17. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad
    - Muhammad hafiz

    ReplyDelete
  18. Viatun Wadur Atammaani
    XI-B TJA
    Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Nama : Figa Aghani Rosyid
    Kelas : XI B TJA

    Alhamdullilah, terima kasih atas ilmunya pak

    ReplyDelete
  20. Nama : Niken Ayuning Tyas
    Kelas : XIB TJA

    Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya yg bermanfaat

    ReplyDelete
  21. Nama : Nur Latifah
    Kelas : XI B

    Alhamdulillah, semoga materi ini bermanfaat amin

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah, terimakasih bapak atas diberikannya ilmu yang sangat bermanfaat

    selvia anggraini xi b

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, sangat bermanfaat untuk saya, terima kasih pada pemilik blog, semoga kita semua dapat rahmat dan hidahnya aamiin..
    Nadya xib

    ReplyDelete
  24. Ainul khopijah

    Alhamdulillah dengan adanya blog ini menambah ilmu saya, dan terimakasih bapak sudah memberikan kami ilmu dengan ikhlas...dan semoga bermanfaat untuk kami

    ReplyDelete
  25. Fiola Riauna (XIB TJA)
    Alhamdulilah, terima kasih pak atas ilmunya yang bermanfaat dan semoga saya bersama teman-teman dapat mengamalkannya.

    ReplyDelete
  26. Rita Aulia Safitri
    XI B

    Alhamdulillah, semoga ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Nama : Muhammad Fasya Arrafi
    Kelas : XIB
    Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmu yang bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya bapak, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya yang bermanfaat.

      Delete

  30. Terima kasih untuk materinya pak, semoga saya dan semuanya bisa mengamalkannya dengan baik

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, subhanallah ilmu nya sangat bermanfaat. Terima kasih bapak
    Danendra Erico R.T

    ReplyDelete
  32. Nama : Dody irwansyah
    Kelas : xi b tja

    Alhamdulillah, terimakasih pak atas ilmunya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah, terimakasih ustaz atas ilmu yang telah di berikan dapat bermanfaat dan insyaallah berkah

    Nama : Ethic Nugroho
    Kelas : XI B

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah, terimakasih pa untuk ilmunya
    (Amelia Agustin XI-B TJA)

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah terimakasih pak atas ilmunya semoga ilmunya bisa di gunakan di kehidupan sehari hari aamiin

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah dengan adanya materi tentang menciptakan perdamaian ini ilmu dan wawasan saya menjadi bertambah dan bermanfaat bagi saya. Semoga saya dpat menggunakannya di kehidupan sehari hari Aamin

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah, sangat bermanfaat ilmunya
    (Anugerah Arif Akbar XI-B TJA)

    ReplyDelete
  38. Rian Habibie XI B TJA
    Terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  39. Adha XIB TJA
    Alhamdulillah, materinya bermanfaat semoga kita semua mengamalkannya

    ReplyDelete
  40. Putri nur khafifah XIG MM

    Terima kasih atas infonyanya pak, sangat bermanfaat sekali. Semoga kita semua bisa mengamalkannya, aminn

    ReplyDelete
  41. Muhammad Rifki Pebrian XI G MM
    Alhamdulillah,setelah membaca makin bertambah pemahaman,dan semoga bisa mengamalkan nya

    ReplyDelete
  42. Terima kasih pak, sudah memberikan materi ini. Semoga bermanfaat untuk kedepannya

    ReplyDelete
  43. alhamdulillah,terma kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah, saya jadi lebih tau tentang islah

    lintang anugerah
    xig MM

    ReplyDelete
  45. Reza El Fahmi
    alhamdullilah setelah mempelajari materi ini saya dapat memahaminya dengan baik dan semoga dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah materinya membuat kita sadar bahwa persatuan itu penting

    ReplyDelete
  47. Bilaal Ruziqa Fatani XI-G
    Semoga bermanfaat ke depannya

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah ilmu saya jadi bertambah setelah belajar materi islah

    Difa salsabila koso
    Xig MM

    ReplyDelete
  49. Muhammad Najmi (XI A)

    Alhamdulillah terimaksih untuk materinya Pak

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah, terimakasih pak untuk ilmunya

    Yudha Anugrah
    XI A

    ReplyDelete
  51. Alhamdulillah, terimakasih pak untuk materinya

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah, dengan adanya ilmu agama tentang perdamaian, kita harus lebih menjaga ukhuwah islamiyah dan meningkatkan toleransi antar agama. Syukron Ustad.

    ReplyDelete
  53. Alhamdulillah,dengan adanya meteri tentang islah saya mendapat pengetahuan seberapa petinya hidup rukun dan perdamaian.
    Maksih bayak ustad meterinya.

    ReplyDelete
  54. Alhamdulillah, terimakasih pak ilmunya

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah, terimakasih pak untuk materinya

    ReplyDelete
  56. Alhamdulillah, semoga materinya dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih bapak atas Materinya

    ReplyDelete
  57. Alhamdulillah, syukron katsiran pak

    ReplyDelete
  58. Terimakasih ilmunya pak, kami jadi lebih tau banyak hal

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah kita lebih mengetahui lebih lanjung materi tentang islah ini. Terimakasih pak:)

    ReplyDelete
  60. Alhamdulillah, materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  61. @bagasariestiansyah
    Alhamdulillah , terima kasih ustadz atas ilmunya

    ReplyDelete
  62. Alhamdulillah semoga dengan adanya materi ini banyak orng yg mengerti tentang perdamaian (aditya p.s 2b)

    ReplyDelete
  63. Mudahan bisa mengamalkanny dikehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  64. Alhamdulillah, subhanallah ilmu nya sangat bermanfaat, Semoga saya dan semuanya bisa mengamalkannya dengan baik

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah semoga ilmu yang saya pelajari disini bermanfaat dan dapat diamalkan (M. Rafly Alfayed XIE)

    ReplyDelete
  66. alhamdulillah, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat, berkah dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah atas ilmu yang telah diberikan semoga kelak saya akan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete